Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Melalui Program Drive Thru (Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi)

Anoraga, Abiseka (2014) Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Melalui Program Drive Thru (Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya peningkatan penyediaan pembiayaan atau sumber pendapatan asli daerah, khususnya yang bersumber dari pajak daerah dapat dilakukan dengan peningkatan kinerja pemungutan, penyempurnaan dan penambahan jenis pajak, serta penggalian sumber-sumber penerimaan dari sektor pajak. Untuk itu pemerintah daerah harus memiliki inovasi yang baik agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak. Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu bagian dari sumber PAD yang cukup memegang peran sentral dan diberikan ruang khusus untuk memberikan pelayanannya. Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi mengeluarkan sebuah inovasi yaitu berupa pembayaran PBB melalui pelayanan drive thru yang tertuang dalam Peraturan Daerah terkait Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan. Inovasi pelayanan pembayaran melalui drive thru memang diharapkan dapat mengoptimalkan upaya peningkatan pendapatan dari sektor pajak guna mendukung proses pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Fokus penelitiannya yaitu inovasi pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan serta pendapatan pajak bumi dan bangunan melalui program drive thru. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi drive thru dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan direspon positif oleh masyarakat. Dengan model pelayanan yang mudah dan cepat, membuat masyarakat merasa nyaman dan terlayani dengan baik. Selain itu, layanan program drive thru pajak bumi dan bangunan, mampu mempengaruhi partisipasi masyarakat para wajib pajak yang berpengaruh terhadap besarnya pendapatan yang masuk ke pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Namun pelaksanaan drive thru pajak bumi dan bangunan hanya ada di Kecamatan Banyuwangi dan belum menjangkau wajib pajak yang ada di semua wilayah Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian adapun saran yang dapat peneliti berikan yaitu perlu dikembangkan dan ditingkatkan kualitas pelayanannya agar menjadi lebih baik dan perlu dibuka unit baru yang ditempatkan dibeberapa wilayah agar jangkauan semakin luas dan masyarakat dapat menikmati pelayanan drive thru pajak bumi dan bangunan.

English Abstract

Efforts to improve the provision of financing or other sources of local revenue, especially those stemming from local taxes can be done with the improved collection performance, refinement and additional types of taxes , as well as extracting resources tax revenue. For the local government should have a good innovation in order to increase revenue from the tax sector. Land and building tax is one part of a considerable source of revenue and the central role given dedicated space to provide its service. To provide optimal service , the District Government through the Department of Revenue Banyuwangi regency issued a payment innovation in the form of the United Nations through the drive -thru service as stipulated in the Local regulations related to land and building tax payments. Innovation through the drive -thru payment service is expected to optimize efforts to increase revenue from taxes in order to support the sustainable development process. The method used is a qualitative metho. The focus of this research is innovative payment service property tax and property tax revenue through the drive-thru. Data collection technique is through observation , interviews , and documentations. Methods of analysis by means of data reduction , data display , and conclusion. Based on the results of this study indicate that the implementation of the innovation drive-thru in the payment of property tax by the positive response from the public. With a service model that is easy and fast , making people feel comfortable and well served. In addition, drive-thru service programs property tax, community participation can influence the taxpayers that affect the amount of revenue coming into the government Banyuwangi. However, the implementation of the drive thru property tax only in the District of Banyuwangi and the taxpayer has not reached there in all the district of Banyuwangi. Based on the research results as for suggestions that can give researchers that need to be developed and improved quality of service in order to get better and need to open a new unit that is placed in several areas in order to reach wider and more people can enjoy the service drive thru property taxes.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/210/051403647
Uncontrolled Keywords: inovasi pelayanan, pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan, inovasi drive thru; service innovation, service property tax payments, innovation drive-thru.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Jul 2014 09:13
Last Modified: 11 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116301
[thumbnail of ABISEKA_ANORAGA_105030104111003.pdf]
Preview
Text
ABISEKA_ANORAGA_105030104111003.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item