Scenario Planning Proses Relokasi terkait Pembangunan Pasar Tradisional menjadi Pasar Modern (Studi Kasus di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang),

Ristanti, RahmadinaFitria (2014) Scenario Planning Proses Relokasi terkait Pembangunan Pasar Tradisional menjadi Pasar Modern (Studi Kasus di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya kasus relokasi pasar di Kota Malang yang tidak kunjung terselesaikan. Kasus ini terjadi di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing. Pada penelitian ini menggunakan scenario planning sebagai alat untuk membuat skenario serta menentukan straregi dalam proses relokasi di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan proses relokasi yang ada di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing apabila direncanakan menggunakan scenario planning. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada pembuatan skenario proses relokasi di Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang dengan menggunakan tahapan scenario planning dari Lindgren dan Hans serta menganalisis faktor pendorong dan penghambatnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa proses relokasi dipengaruhi oleh faktor masyarakat dan pasar penampungan. Kemudian skenario dibangun berdasarkan kedua faktor tersebut dan menghasilkan empat skenario. Kasus di Pasar Dinoyo mendekati pada skenario yang dipengaruhi oleh faktor masyarakat, sedangkan di Pasar Blimbing mendekati skenario yang dipengaruhi faktor masyarakat dan pasar penampungan. Faktor pendorong dilakukannya proses relokasi adalah kesiapan anggaran dan aktivitas jual beli di pasar yang harus tetap berjalan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari pedagang serta kesepakatan yang tidak segera tercapai.

English Abstract

The research is based on market relocation cases in Malang that not yet resolved. This case happens in Dinoyo and Blimbing Market. In this study, scenario planning is used as a tool to create scenarios and determine the strategy in the process of relocation. The purpose of this study is to describe the process of relocating Dinoyo and Blimbing Market that planned with scenario planning. This study use descriptive research method. This study focused on making scenarios of the relocation process in the Dinoyo and Blimbing Market using scenario planning steps from Lindgren and Hans, also analyzing the driving and the inhibiting factors. The results show that the relocation process is influenced by society and market shelters factors. Then the scenarios are built on these two factors and produce four scenarios. Case in Dinoyo market similar with the scenario influenced by society, while at the Blimbing Market is similar with the scenario influenced by the people and market shelter. The driving factor is the budgets readiness and trading activity in the market that should keep it running. While inhibiting factor is the merchant and the unreachable deal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/209/051403605
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jul 2014 08:34
Last Modified: 22 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116299
[thumbnail of rahmadina-skripsi.pdf]
Preview
Text
rahmadina-skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item