Darmayani, Ade Ismi (2013) Strategi Pemasaran Kerajinan Buah Kering untuk Meningkatkan Nilai Ekspor (Studi Kasus Pada UD. Indo Nature Lombok – Nusa Tenggara Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UD. Indo Nature merupakan perusahaan eksportir kerajinan buah kering (dried fruit botanical decoration), yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi salah satu eksportir kerajinan/handicraft yang maju dan dapat mengenalkan kerajinan Indonesia di mata dunia, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing di pasar luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, kekuatan dan kelemahan perusahaan (2) mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan (3) menganalisis strategi yang tepat untuk digunakan perusahaan. Jenis penelitian ini adalah deskrtiptif dengan pendekatan kualitatif yang bersifat studi kasus. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Indo Nature menggunakan concentrated market targeting, sistem manajemen terpusat,personal Selling, penetapan harga melalui market based, memiliki produk unggul dan lokasi perusahaan yang strategis. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada fokus pemasaran ekspor perusahaan yang menjangkau ke negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah minimnya penggunaan media sosial seperti website untuk promosi. Peluang terbesar perusahaan adalah munculnya perdagangan bebas yang dapat mempermudah akses ke pasar internasional, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah dari dua eksportir pesaing di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan yaitu memanfaatkan keunggulan bersaing perusahaan dengan melakukan diferensiasi pada produk, memaksimalkan kegiatan promosi dengan pembuatan website untuk mengenalkan profil perusahaan dan informasi produk, mengikuti pameran/ekhibition di luar negeri dan pembentukan bagian pemasaran yang dapat membantu perusahaan melakukan promosi lebih maksimal serta memperluas lingkup pemasaran perusahaan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan UD. Indo Nature sudah cukup baik, akan tetapi untuk keberlangsungan perusahaan, perlu ditingkatkan lagi dengan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan eksternal perusahaan.
English Abstract
UD. Indo Nature is acompanyexports dried fruit botanical decoration, located in Lombok, West Nusa Tenggara. UD. Indo Nature has an objective to become one of the best handicraftsexporter and able to introduce Indonesian to the world, so it needs a marketing strategy in order to increase the export value and compete in foreign markets. The purposes of this research are (1) to identify opportunities and threats, strengths and weaknesses factors of company (2) to figure out marketing strategies applied by company, and (3) to analyze the appropriate strategies to be implemented by UD. Indo Nature to increase the export value of dried fruit botanical decoration. The type of this research is deskriptive qualitative research with case study. The method of analysis is SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats), with the analysis of EFAS, IFASand SWOT matriks. The results showed that UD. Indo Nature are using concentrated market targeting strategy, centralized management, personal selling, market based of price positioning, and have a special quality of its product and its strategic production places. By SWOT analysis, it is known that the company’s greatest strength is the focus of the company in marketing its export that reach out to the countries in Europe and USA, while the company’s biggest weakness is there’s no use of social media such as websites for promotion. The company’sgreatest opportunities is to develop market with free trade that can facilitate access to world markets, while the biggest threats to the company comes from two competitiors in West Nusa Tenggara.Alternative strategies that can be used by UD. Indo Nature (i.e) usingthe competitive advantage strategy of differentiation on the companys products,maximise promotional activities such as making company website to introduce the company profile and product’s information and also attended the exhibition abroad and the last is tocreate the marketing division that can help the company to maximize the promotion and extend the scope of marketing. The conclusions obtained in this study that the company strategies that have been applied already good enough, but for the sustainability of the company, it needs to be improved again with several alternative strategies that have been formulated based on the vision, mission, internal and external analysis of the company.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2014/205/051403563 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran, ekspor, kerajinan buah kering (dried fruit botanical decoration), kerajinan/handicraft; Marketing Strategy, Export, Handicraft, Dried Fruit Botanical Decoration. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 03 Jul 2014 09:32 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 16:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116295 |
Preview |
Text
Skripsi_Ade_Ismi_Darmayani.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |