Pengembangan Jejaring Organisasi Pada Yayasan Sangatta Baru (YSB) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat.

Sampe, Evy (2014) Pengembangan Jejaring Organisasi Pada Yayasan Sangatta Baru (YSB) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Yayasan merupakan badan hukum yang bertujuan menjadi organisasi bersifat nirlaba (non profit). Yayasan sebagai suatu badan hukum, memiliki hak dan kewajiban yang independen, yang terpisah dari hak dan kewajiban orang atau badan yang mendirikan yayasan, maupun para pengurus serta organ yayasan lainnya, melakukan berbagi kegiatan yang bersifat sosial dan mempunyai tujuan yang idiil. Sesuai dengan bentuknya, maka Yayasan berwujud sebagai suatu organisasi, sehingga Yayasan Sangatta Baru (YSB) sebagai suatu organisasi dapat diartikan sebagai alat, bagian, anggota badan. Layaknya organism, organisasi berarti sesuatu yang bergerak, hidup dan berkembang. Berdasarkan fungsi utama YSB yaitu sebatas memberi pelayanan untuk kesejahteraan karyawan PT. Kaltim Prima Coal (PT.KPC) maka sebagai suatu organisasi YSB harus mampu melakukan pengembangan terhadap jejaring organisasinya dengan melihat dinamika kesejahteraan yang terjadi di masyarakat. Artinya, YSB harusnya mampu memberi manfaat kesejahteraan bagi masyarakat secara umum, khususnya di wilayah operasionalnya yaitu Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis sejauh mana ketercakupan atau keterjangkauan kerja dari YSB, beragam dinamika kesejahteraan yang terjadi dalam masyarakat Kabupaten Kutai Timur khususnya Kecamatan Sangatta Utara dan bentuk pengembangan jejaring organisasi yang ada pada YSB untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Model analisis yang digunakan yaitu penelitian kualitatif Miles and Huberman dengan menggunakan tiga komponen penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa YSB tidak hanya sekedar memberikan pelayanannya kepada masyarakat karyawan PT.KPC sesuai dengan fungsi utamanya, melainkan berperan pula dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kutai Timur untuk mendorong kemajuan kesejahteraan baik dari segi kesejahteraan ekonomi ataupun kesejahteraan sosial. Sehingga dapat dilihat bahwa, YSB mampu melakukan pengembangan terhadap jejaring organisasinya yaitu melalui unit usahanya PT. Yakin Sukses Bersama ( PT.YSB ) dalam pengelolaan aset-aset didalam Town Hall, Swarga Bara bagi masyarakat Kutai Timur.

English Abstract

Foundation is a corporation that tend to aim non-profit organization. Foundation as a corporation have an independent rights and obligations that separate from rights and obligations from person or institution who established the foundation the administrators or another foundations, do various social activities and have Idiil purpose. According to its form, foundation have the form of organization, so YSB as an organization can interpreted as tools, parts and limbs. Just like the organisms, organization means something that is moving, alive and thrive. The main function of YSB is to give the services only for welfare of PT. Kaltim Prima Coal (PT. KPC) employees. But as the organization YSB should be able to do development of its networking organization by looking at welfare dynamics that happen in community. It means the existence of YSB should be able to provide welfare benefits for society in general, especially in its operational area Sangatta Utara, East Kutai Regency. The aim of this study is to know, describe, and analyze how far scope and range of work from YSB, various welfare dynamics that happens in East Kutai Regency’s community especially in Sangatta Utara and kind of development network organization in YSB to improve community’s welfare. The research method in this study is descriptive analysis with qualitative approach. Analysis model used is qualitative data analysis of Miles and Huberman by using three research components such as data reduction, data display and conclusion. The results of this research show that YSB is not only provides services to PT. KPC employees, but also provides services to all of East Kutai Regency’s community to support progress of welfare of both economic welfare and social welfare. So it can be seen that YSB is able to do the development of its network organization by its business unit PT. Yakin Sukses Bersama (PT. YSB) in management of assets in the Town Hall, Swarga Bara for community of East Kutai Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/200/051403509
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jun 2014 08:53
Last Modified: 22 Oct 2021 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116290
[thumbnail of SKRIPSI_EVY_SAMPE_-_105030107111062.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_EVY_SAMPE_-_105030107111062.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item