Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toyota Auto 2000 Jl. Letjend Sutoyo No. 25, Malang)

Vellayati, TriAkbar (2014) Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toyota Auto 2000 Jl. Letjend Sutoyo No. 25, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan strategi marketing public relations sebagai salah satu strategi yang telah diterapkan oleh beberapa perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan citra perusahaan. Marketing public relations merupakan suatu kegiatan pemasaran yang terencana dan dilakukan secara terus menerus untuk mendapatkan sebuah hubungan yang baik dan pengertian yang timbal balik antara sebuah perusahaan dan masyarakat. Hal tersebut dibangun melalui pengkomunikasian informasi yang kredibel, kesan-kesan yang dapat menghubungkan perusahaan, produk, dengan kebutuhan serta perhatian pelanggan. Oleh karena itu, Toyota Auto2000 sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di Indonesia, perlu menerapkan strategi marketing public relations untuk meningkatkan citra perusahaan dan loyalitas pelanggan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh marketing public relations yang terdiri dari variabel publikasi, events, sponsorship, berita, pidato, kegiatan sosial, dan media identitas terhadap citra perusahaan Toyota, serta untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh citra perusahaan Toyota terhadap loyalitas pelanggan Toyota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengkuantifikasi data dan melakukan generalisasi atas hasil yang didapatkan dari sampel yang mewakili populasi yang sedang diteliti. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis path. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dari marketing public relations yang berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan Toyota adalah publikasi, sponsorship, berita, pidato, dan media identitas dibuktikan dengan nilai probabilitas <0,05, sedangkan event dan kegiatan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan Toyota dibuktikan dengan nilai probabilitas >0,05. Citra perusahaan Toyota berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toyota, dibuktikan dengan nilai probabilitas < 0,05.

English Abstract

This research was did by using marketing public relations strategy as one of the best method which has been used by some ventures that aims to increase corporate image and customer loyalty. Marketing public relations is a marketing action which is planed well and act continously to get a good relations and a feed-back benefit between corporate and community. Good relationship and a feed-back benefit between corporate and community is built by credible information communication, great impressions, product, with requirement and customer interest. Therefore, Toyota Auto2000 as one of the biggest automotive company in Indonesia has to use marketing public relations strategy as a method to increases it’s corporate image and it’s customer loyality. This research aims to know and to explain the impact of marketing public relations whish are consist of publication variable, events, sponsorship, news, speech, social act, and media identity for the corporate image, moreover to knows and explain the impact of the toyota’s corporate image for it’s customer loyalty. This research uses quantitatif approach that aims to quantified data and to generalize this research result which is got by the sample that represent the population which is investigated. In this research, the data is analyzed by path analysis. Result of this research is showed that variables from marketing public relations which gives significat impact are publication, sponsorship, news, speech, and media indentity. Those data is proved by the probablility value <0,05. And for the event variable and social acts variable of marketing public relations does not give a significant effect for the toyota corporate image. Those data is proved by probablility value >0,05. Toyota’s corporate image is impacted significantly for the toyota’s customer loyalty, it is proved by the probablility value <0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/192/05403478
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jul 2014 09:11
Last Modified: 22 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116280
[thumbnail of Skripsi_Tri_Akbar_Vellayati_(105030203111009).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Tri_Akbar_Vellayati_(105030203111009).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item