Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Dollar Dan Indeks Strait Times Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2010-Juni 2013)

Lailia, Hilya (2014) Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Dollar Dan Indeks Strait Times Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode Januari 2010-Juni 2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saham merupakan salah satu instrumen yang ada di pasar modal. Harga saham tidak selamanya tetap, ada kalanya mengalami peningkatan dan ada kalanya mengalami penurunan. Harga saham dipengaruhi oleh faktor mikro maupun makro ekonomi. “Secara fundamental, harga suatu jenis saham dipengaruhi oleh kinerja perusahaan dan kemungkinan risiko yang dihadapi perusahaan. Kinerja perusahaan dan risiko yang dihadapi dipengaruhi oleh faktor mikro dan makro ekonomi”. Faktor makro merupakan faktor yang berada di luar perusahaan, tetapi mempunyai pengaruh terhadap kenaikan atau penurunan kinerja perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktor tersebut yaitu tingkat suku bunga, tingkat inflasi, nilai tukar valuta asing dan indeks Stait Times. Suku bunga yang digunakan disini adalah suku bunga acuan atau BI Rate. Perubahan BI Rate yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Bank Indonesia akan diikuti oleh perubahan suku bunga deposito, dan pada gilirannya juga diikuti suku bunga pemberian kredit perbankan. Suku bunga harus diperhatikan dalam menentukan investasi saham, karena investasi saham hanya akan dilaksanakan apabila tingkat keuntungan (return) pada saham lebih besar dari pada tingkat suku bunga deposito. Semakin tinggi tingkat suku bunga yang berlaku, maka investor saham akan lebih tertarik untuk menyimpan dananya dalam bentuk deposito. “Tingkat suku bunga yang meningkat bisa menyebabkan investor menarik investasinya pada saham dan memindahkannya pada investasi berupa tabungan ataupun deposito”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/187/051403416
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jun 2014 09:05
Last Modified: 22 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116274
[thumbnail of HILYA_LAILIA_(10503020111069).pdf]
Preview
Text
HILYA_LAILIA_(10503020111069).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item