Pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen (Survei pada Pengunjung yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital Of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang)

Qolbi, UmmasSahibul (2014) Pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen (Survei pada Pengunjung yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital Of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehadiran iklan dalam game dinilai dapat membawa keuntungan besar untuk sebuah merek dalam mengenalkan dan mempromosikan produknya dengan salah satu tujuannya adalah untuk mempengaruhi sikap konatif konsumen terhadap suatu produk. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh iklan yang terdiri dari variabel Kesesuaian Iklan (X1) dan Penempatan Produk (X2) secara simultan dan parsial terhadap Sikap Konatif (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Iklan yang diteliti dalam penelitian ini adalah produk perlengkapan olahraga Nike yang disisipkan ke dalam game Pro Evolution Soccer yang merupakan suatu jenis game olahraga. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden yang merupakan pengunjung yang pernah bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital Of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgement sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui nilai signifikansi F sebesar 0,000 (p<0,05) menunjukkan H0 ditolak, maka Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari variabel Kesesuaian Iklan (X1) dan Penempatan Produk (X2) terhadap Sikap Konatif (Y) dapat diterima. Hasil Adjusted R Square sebesar 0,275 menunjukkan bahwa sebesar 27,5% variabel Kesesuaian Iklan (X1) dan Penempatan Produk (X2) secara bersama-sama memberikan kontribusi kepada Sikap Konatif (Y), sedangkan sisanya sebesar 72,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penempatan Produk (X2) memiliki pengaruh dominan terhadap Sikap Konatif (Y). Hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel Kesesuaian Iklan (X1) dan Penempatan Produk (X2) secara simultan dan parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Sikap Konatif (Y). Melalui hasil pengujian regresi secara parsial dapat diketahui bahwa variabel Penempatan Produk (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Sikap Konatif (Y) dengan nilai koefisien B sebesar 0,346 yang lebih besar dibanding variabel Kesesuaian Iklan (X1) yang memiliki nilai koefisien B sebesar 0,231.

English Abstract

The presence of advertising in game considered can bring huge profit for a brand in introducing and promoting their products with one goal is to influence the conative attitudes of consumers towards a product. Thus, this study aims to identify and explain the influence of the ads consists of variable Congruity Ads (X1) and Product Placement (X2) simultaneously and partially on Conative Attitude (Y). This type of research is explanatory research. Advertising are examined in this study is a product of Nike sportswear that was inserted into the game Pro Evolution Soccer the which is a sport game types. The samples taken as much as 100 respondents is visitors who have played games Pro Evolution Soccer in Flux Capital Of Entertainment Blimbing District Malang City. Methods of data collection using questionnaires. The analysis used is descriptive analysis, multiple linear regression analysis, and partial regression analysis. The sampling technique used was judgement sampling. The results showed that the known the significance of the F value of 0.000 (p <0.05) shows H0 is rejected, then the first hypothesis which states that there is a simultaneous effect of variables Congruity Ads (X1) and Product Placement (X2) on Conative Attitude (Y) is acceptable. Results Adjusted R Square of 0.275 shows that 27.5% of variable Congruity Ads (X1) and Product Placement (X2) are jointly contributing to the conative attitude (Y), while the remaining 72.5% is influenced by other variables not examined in this study. The results of the regression analysis in this study shows that the variable of Product Placement (X2) has a dominant influence on Conative Attitude (Y). The overall results can be concluded that the variables Congruity Ads (X1) and Product Placement (X2) simultaneously and partially has a significant influence on Conative Attitude (Y). Partially, Congruity Ads (X1) and Product Placement (X2) has a significant influence on Conative Attitude (Y). Through the results of the partial regression testing can be known that the variable Product Placement (X2) is an influential variables are dominant against the conative attitudes (Y) with coefficient B of 0.346 which is greater than the variable Congruity Ads (X1) which has a value of coefficient B of 0.231.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/179/051403186
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Jun 2014 14:12
Last Modified: 22 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116265
[thumbnail of SKRIPSI-UMMAS_SAHIBUL_QOLBI-105030200111009.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-UMMAS_SAHIBUL_QOLBI-105030200111009.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item