Evaluasi Sistem dan Prosedur Penyaluran Kredit Konsumtif dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern pada Koperasi (Studi pada Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS Kota Malang),

Hatsari, FitriKhaula (2014) Evaluasi Sistem dan Prosedur Penyaluran Kredit Konsumtif dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern pada Koperasi (Studi pada Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Evaluasi Sistem dan Prosedur Penyaluran Kredit Konsumtif dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern pada Koperasi (Studi pada Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS Kota Malang) ini untuk mengetahui sistem dan prosedur penyaluran kredit konsumtif yang dilakukan oleh Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS Kota Malang, dan untuk mengetahui sistem dan prosedur penyaluran kredit konsumtif yang dilakukan oleh Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang sudah atau belum mendukung aspek pengendalian intern atau belum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah wawancara dengan Ka. Unit Simpan Pinjam Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang, mempelajari dokumen – dokumen yang digunakan yang berkaitan dengan sistem dan prosedur penyaluran kredit, serta melakukan pengamatan secara langsung pada proses penyaluran kredit konsumtif pada Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur penyaluran kredit konsumtif di Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang beberapa aspek sudah mendukung pengendalian intern, seperti dalam aspek praktik yang sehat khususnya perputaran jabatan, dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Akan tetapi ada aspek dalam pengendalian intern yang belum mendukung pengendalian intern pada Sistem dan Prosedur Penyaluran Kredit Konsumtif ini seperti: tidak ada struktur organisasi secara diagram, belum ada kroscek secara mendetail yang dilakukan oleh Ketua Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS dan bendahara Koperasi karyawan PRIMKOPPOS, dalam praktek yang sehat formulir yang digunakan belum bernomor urut, dan terjadi penumpukan fungsi. Dalam upaya mendukung pengendalian intern, sebaiknya Koperasi Karyawan PRIMKOPPOS Kota Malang membuat struktur organisasi secara diagram agar tahu pemisahan tanggung jawab antara rapat anggota tahunan, pengawas, dan pengurus, menambah staff untuk membantu Ka. Unit Simpan Pinjam, serta pembenahan dalam dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan.

English Abstract

The research titled Evaluatiom of System and Procedures for Consumer Lending on Cooperative Supports Internal Control (Study at Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang) is to know the system and consumer lending procedures performed by Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang, and this study proposed to determine the system and consumer lending procedures performed by Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang supports aspects of internal control know yet. The method used is descriptive method with qualitative approache. The technique used ia an interview with Ka. Unit Simpan Pinjam Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang, studying documents – documents that used the systems and procedures relating to credit, as well as direct observation in the consumer lending process Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang. Based on the results of research conducted by the researchers, it can be seen that the systems and procedures in the consumer lending Kopkar PRIMKOPPOS Kota Malang supports some aspects of internal control, such as in a particular aspect of a healthy practice rotationpostonandquality eployees in accordance with its responsibilities. Butthere are aspects of internal control that does not yet support the internal control system and procedures ofd consumer loans such as no organzatonal structure diagram, there is no detaled crosscheck is performed byeployeesofthecooperatvechairmanand treasurer of the cooperative employees PRIMKOPPOS, in practice healthy form used is not numbered, and there is accumulation function. In support of internal control, preferably cooperatives PRIMKOPPOS k ota Malng make poor organizational structure diagrams in order to know the separation of responsibilities between the annual meeting of members supervisors, and administrators to add staff to help Ka. Unit Simpan Pinjam, as well as improvements in the documents and accounting records be used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/171/051403141
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Jun 2014 15:09
Last Modified: 22 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116257
[thumbnail of skripsi_sipp.pdf]
Preview
Text
skripsi_sipp.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item