Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (Mva), Dan Return On Investment (Roi) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek

R, BergittaSonia (2014) Analisis Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (Mva), Dan Return On Investment (Roi) Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara. Seiring dengan berkembangnya pasar modal di Indonesia, maka kebutuhan akan informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi di pasar modal meningkat pula. Seorang investor akan menanamkan modalnya pada perusahaan dengan kinerja yang baik. Mengukur kinerja suatu perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return on Investment (ROI) melalui analisis laporan keuangan perusahaan. Perusahaan yang bergerak dalam bidang Property dan Real Estate dinilai semakin diminati oleh para investor baik investor dalam negeri maupun investor luar negeri. Bisnis Property dan Real Estate menjadi indikator penting kesehatan ekonomi suatu negara, sebab mampu memberi sinyal jatuh bangunnya perekonomian sebuah negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return on Investment (ROI) terhadap harga saham Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI)/Indonesian Stock Exchange Corner (ISX Corner), Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, yang beralamat di Jalan M.T. Haryono No.163 Malang. Hasil penelitian ini berdasarkan uji F dan uji t menunjukkan bahwa EVA, MVA, dan ROI berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari ketiga variabel bebas EVA, MVA, dan ROI yang paling dominan berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham adalah ROI. Adanya pengaruh EVA, MVA dan ROI tehadap harga saham diharapkan perusahaan mampu meningkatkan kinerjanya khususnya yang berkaitan dengan peningkatan profitabilitas dan kesejahteraan para investor. Para investor juga diharapkan melengkapi dan membandingkan dengan nilai EVA dan MVA yang diciptakan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/144/051402680
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 May 2014 15:23
Last Modified: 22 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116227
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item