Akuntabilitas Pengelolaan Dana Block Grant Untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi pada SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang)

Setyana, Amida Pratiwi (2014) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Block Grant Untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi pada SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis akuntabilitas pengelolaan dana block grant untuk meningkatkan kinerja guru di SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang. Adapun rumusan masalah mengenai bagaimanakah akuntabilitas dan proses pengelolaan dana block grant di SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang serta bagaimanakah kinerja guru di SMPN 4 Kepanjen Malang. Sementara itu fokusnya terdiri dari penetapan perencanaan strategis, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, dan kinerja guru SMPN 4 Kepanjen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Sementara itu Analisis data menggunakan Analisis Data Interaktif dari Miles & Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis untuk meningkatkan kinerja guru dengan in house training, workshop, dan kursus, laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana block grant belum ada, hanya saja untuk laporan-laporan kegiatan masih dalam bentuk arsip. Kinerja guru belum ditunjang dengan alat peraga yang cukup. Saran dari penelitian ini antara lain selain memberi pelatihan tetapi juga memfasilitasi guru yang akan melanjutkan pendidikannya ke S-2, segera menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana block grant, menyediakan alat peraga pendidikan yang dibutuhkan oleh guru.

English Abstract

Research purpose is to analyze the management accountability block grants to improve teacher performance in SMPN 4 Kepanjenin the Regency of Malang. Problem formula is about how accountability block grants management process in SMPN 4 Kepanjen Malang and how teacher performance in SMPN 4 Kepanjen in the Regency of Malang. Research focus that is the establishment of strategic planning, performance measurement, performance reporting, and teacher performance SMPN 4 Kepanjen in the Regency of Malang. Research use approach of research qualitative with descriptive type. Aggregation data technique in research is observasi, interview, and documentation. While data analysis use data analysis interaktif from Miles & Huberman consist of reduction data, presentation data, and conclusion. Research result show that the strategic planning improve the performance of teachers with in-house training, workshops, and courses, report management accountability block grant funds have not been there, it's just for the reports of activities are still in the form of archives. Teacher's performance has not been supported by sufficient props. Research suggestion that is include besides giving training but also facilitates teachers to continue their education to the S-2, immediately prepared a report on management accountability block grants, provide educational aids needed by the teacher.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/13/051406884
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Oct 2014 10:25
Last Modified: 10 Nov 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116211
[thumbnail of PDF_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PDF_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item