Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Risk-Based Bank Rating (RBBR) Studi pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam IHSG Sub Sektor Perbankan Tahun 2012

Widyaningrum, HeningAsih (2014) Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode Risk-Based Bank Rating (RBBR) Studi pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam IHSG Sub Sektor Perbankan Tahun 2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki fungsi utama sebagai penghimpun dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan dana kepada pihak yang membutuhkan. Fungsi bank tersebut biasa disebut sebagai intermediary financial, dengan fungsi tersebut bank diwajibkan agar mampu menjaga likuiditasnya supaya dapat terus menjalankan perannya sebagai lembaga keuangan. Beradasarkan hal tersebut bank dituntut untuk terus menjaga kesehatannya agar dapat mendukung fungsi dan peran bank berjalan dengan baik. Penilaian tingkat kesehatan pada umumnya dapat dilakukan dengan menggunakan metode RBBR. Metode RBBR merupakan penilaian yang berdasarkan pada prinsip kehati-hatian dalam memandang risiko yang akan dihadapi sehingga dapat diterapkan pada bank yang kegiatan operasionalnya selalu diiringi dengan risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank yang terdaftar pada IHSG sub sektor perbankan tahun 2012. Penilaian dengan metode RBBR terdiri dari empat faktor risk profile, GCG, earning dan capital dari setiap bank. Penelitian ini melalukan penilaian terhadap dua faktor dari keempat faktor yang ada, yakni earning dengan rasio ROA dan NIM, serta capital dengan CAR untuk faktor risk profile dan GCG data yang diperlukan oleh peneliti merupakan data yang berhubungan dengan internal bank yang tidak dipublikasikan (rahasia bank). Penelitian ini dilakukan terhadap 25 bank yang menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Penilaian tingkat kesehatan bank dari faktor earning dengan analisis ROA menunjukkan masih adanya bank yang masuk ke dalam kategori bank yang tidak sehat dengan nilai ROA yang berada di bawah 1,25%. Penilaian NIM menunjukkan keseluruhan bank yang menjadi sampel penelitian dapat digolongkan ke dalam bank sehat, karena setiap bank menghasilkan nilai NIM di atas 2%. Penilaian terhadap faktor capital dengan rasio CAR menunjukkan hasil yang positif pada setiap bank. Secara keseluruhan setiap bank memiliki nilai CAR di atas 10%. Berdasarkan hasil tersebut setiap bank masuk ke dalam kategori bank sehat yang telah memenuhi ketentuan besaran minimum modal bank yakni sebesar 8% yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

English Abstract

Banks are the financial organization with main function as the collector of funding from the parties with fund excess in order to distribute the fund to the needed parties. Such function is usually called as financial intermediary. This function requires the banks to maintain their liquidity by keeping their role as financial organization. Indeed, banks are demanded to be health to support their function and their expected role. Health rate is assessed using RBBR method. This method represents an assessment based on the principle of caution in seeing the risk to ensure that banks will operate with the favorable risk. The objective of research is to understand health rate of the banks that are listed in banking sub-sector IHSG in period 2012. Health rate is assessed through RBBR method which includes four factors such as risk profile, GCG, earning and capital of each bank. This research only considers two factors of four total factors Earning is measured by ratio of ROA to NIM. Capital is understood by CAR. Data of risk profile and GCG are related to the internal affair of banks and therefore, data are not published (confidential). There are 25 banks as the sample of research. The assessment of bank’s health rate based on earning with ROA analysis has shown that some banks are not healthy with ROA below 1.25 %. The assessment with NIM indicates that some banks are healthy because each has NIM above 2 %. The assessment based on capital with CAR ratio shows positive result for each bank. In general, each bank has CAR above 10 %. Considering these results, each bank in healthy category has met the requirement of capital minimum rate of 8 % as stipulated by Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/128/051402536
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2014 07:36
Last Modified: 22 Oct 2021 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116209
[thumbnail of TANDA_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TANDA_ORISINILITAS.pdf]
Preview
Text
TANDA_ORISINILITAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item