Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Sepeda Motor Honda pada Dealer PT. Nusantara Surya Sakti, Malang)

Hamidi, Arsyad (2014) Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Sepeda Motor Honda pada Dealer PT. Nusantara Surya Sakti, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi favorit masyarakat Indonesia dari segala kalangan. Ekuitas Merek mempengaruhi pilihan seseorang untuk membeli sepeda motor. Penelitian ini memiliki latar belakang ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan membeli sepeda motor merek Honda. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel ekuitas merek ang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas yang dirasakan, dan loyalitas merek baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi di Dealer resmi Honda PT. Nusantara Surya Sakti cabang Malang Kota yang beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta D-510 Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 134 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvariabel bebas meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 35.080 dengan probabilitas Fhitung sebesar 0.000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 52,1%, sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri ketiga variabel bebas yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Kualitas yang Dirasakan (X3) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara variabel ekuitas merek yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Kualitas yang Dirasakan (X3), dan Loyalitas Merek (X4) baik secara bersamasama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Saran yang diberikan dari peneliti, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkecimpung di bidang otomotif dalam menciptakan merek yang unggul agar lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang lebih baik dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

English Abstract

Motorcycle is a favorite means of transport from all walks of Indonesian people. Brand equity influence a persons choice to buy a motorcycle. This study has a background of brand equity that affect purchase decisions Honda motorcycles. The purpose of this study is to determine and explain the influence of brand equity variables which consist of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty either jointly or individually to the Purchase Decision Structure. This type of study is explanatory research with quantitative approach. Research sites in Honda Dealer PT. Nusantara Surya Sakti Malang branch of the city address at Jalan Soekarno Hatta D-510 Malang. Samples amounted to 134 respondents who used the sampling technique used was non probability sampling. Methods of data collection used questionnaire. Analysis of the data used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis to test the hypothesis F and t tests of hypotheses. The results of multiple linear regression analysis can be seen that the independent variables include Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), Perceived Quality (X3), and Brand Loyalty (X4) affect the structure of Buying Decision (Y). This is indicated by the calculated F value of 38.080 with a probability Fvalue for 0,000 (p <0.05). The contribution of the four independent variables together to Purchase Decision Structure is 52.1%, while the remaining 47.9% are affected by other variables that not examined in this study. In this research it is known that independently these four independent variables which includes Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), Perceived Quality (X3), and Brand Loyalty (X4) all have a significant effect on the Purchase Decision Structure (Y). The results also can be seen that the Perceived Quality (X3) have a dominant influence on Purchase Decision Structure (Y). The conclusion of this study was there a significant effect between Brand equity variables covering Brand Awareness (X1), Brand Association (X2), Perceived Quality (X3), and Brand Loyalty (X4), either jointly or individually to Purchase Decision Structure (Y). Advice given from the researchers, is expected to be used as a material consideration which the parties involved in the automotive field in creating a superior brand to make it more effective and efficient in preparing and planning as well as better marketing strategies and targeted in order to improve long-term benefits for the company

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/111/051402452
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Apr 2014 13:47
Last Modified: 22 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116191
[thumbnail of PENGARUH_EKUITAS_MEREK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN.pdf]
Preview
Text
PENGARUH_EKUITAS_MEREK_TERHADAP_KEPUTUSAN_PEMBELIAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item