Puspitasari, Dian (2013) Reformasi Administrasi Pelayanan Publik Pada Kantor Pelayanan Terpadu (Studi Pada Disperindag dan Dispendukcapil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan terkait dengan reformasi administrasi pelayanan publik pada Kantor Pelayanan Terpadu (Studi Pada Disperindag dan Dispendukcapil Kota Malang). Latar belakang penelitian dikarenakan Kantor Pelayanan Terpadu di Kota Malang merupakan salah satu bentuk reformasi yang dilakukan Kota Malang, peneliti di sini ingin mengetahui reformasi yang terjadi setelah dibangunnya Kantor Pelayanan Terpadu Kota Malang. Rumusan masalah yang penulis rumuskan adalah sebagai berikut: Apa bentuk reformasi administrasi pelayanan publik yang terjadi pada Disperidag dan Dispendukcapil Kantor Pelayanan Terpadu Kota Malang, Apa strategi yang diterapkan dalam pelaksanaan reformasi administrasi pelayanan publik pada Disperindag dan Dispendukcapil Kantor PelayananTerpadu Kota Malang, Apa saja yang menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung dari reformasi administrasi pelayanan publik pada Disperindag dan Dispendukcapil Kantor Pelayanan Terpadu Kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk reformasi administrasi pelayanan publik yang terjadi pada Disperindag dan Dispendukcapil Kantor Pelayanan Terpadu Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari Penelitian menunjukan bahwa reformasi pada Kantor Pelayanan terpadu termasuk reformasi yang dilakukan pada aspek kelembagaanya dengan merampingkan struktur organisasi dan perubahan prosedur pelayanan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, serta perubahan perilaku yang berpedoman pada visi dan misi. Strategi reformasi yang digunakan dalam menunjang pelaksanaan reformasi yakni menggunakan strategi inti dan strategi pelanggan. Dalam melaksanakan reformasi administrasi pelayanan publik Kantor Pelayanan Terpadu Kota Malang mengalami beberapa hambatan yang disebabkan paling banyak oleh kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan kuantitas, dan rendahnya partisipasi dari masyarakat. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sumber daya manusia yang ada pada Disperindag dan Dispendukcapil lebih sering diadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kinerja, untuk mendapatkan partisipasi masyarakat bisa sering dilakukan penyuluhan dan pelatihan bagi masyarakat kota Malang.
English Abstract
This research was conducted related to the reform of public service administration at the Office of Integrated Services (The study focused on there form of public service administration in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration). Research background due Integrated Services Office in Malang is one of the reforms carried out in Malang, researchers here wanted to know reform is happening after the construction of the Integrated Services Office of Malang. Formulation of the problem is that the writer formulated as follows: What form of administrative reform of public services that occurred in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration Integrated Services Office of Malang, What is the strategy adopted in the implementation of administrative reforms and public services in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration Integrated Services Office in Malang, Whateverthe limiting factor and the factors supporting and administration of public service reform in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration Integrated Services Office in Malang. The purpose of this study was to describe and analyze the shape administrative reform of public services that occurred in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration Integrated Services in Malang. Methods This study uses descriptive qualitative research method. The results of the study showed that the reforms in the Office of Integrated Services including reforms to streamline the Institution aspects of organizational structure and changes in service procedures to maximize service to the community, as well as changes in behavior based on the vision of mission. Reform strategies that are used to support the implementation of the reforms using a core strategy and customer strategy. In carrying out the reform of public services administration Integrated Services Office of Malang experienced some barriers caused by the lack of most human resources quality and quantity, and the low participation of the community. Suggestions are given the existing human resources in the Department of Industry and Trade, and the Department of Civil Registration more frequently held training to improve performance, to get community participation can often be done counseling and training for the city of Malang.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/623/051404841 |
Uncontrolled Keywords: | Reformasi, Administrasi, PelayananPublik; reform, administration, public service |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 10 Oct 2014 08:57 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 03:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116161 |
Preview |
Text
SKRIPSI_DIAN PUSPITASARI.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |