Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang Berlokasi di Indonesia

Verina, Eunike (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang Berlokasi di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar melihat fenomena pengguna internet yang meningkat dan maraknya bisnis online melalui jejaring sosial Facebook, khususnya di bidang fashion. Data yang didapat dari theultralinx.com dalam teknologi.inilah.com, pengguna internet dunia meningkat 7% atau sekitar 2,1 miliar pengguna dalam satu dasawarsa terakhir. Pengguna aktif Facebook pada tahun 2012 mencapai 900 juta pengguna. Menurut Fuleova, seorang analis media sosial dalam www.socialbakers.com menyebutkan 15 negara dengan pertumbuhan Facebook yang terus meningkat. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna yang terus meningkat. Indonesia berada di posisi kelima dengan penggunanya yang mencapai 43.831.880. Banyaknya pengguna Facebook membuat banyak pengusaha menjual produknya di Facebook. Kalau dari segi fashion, ketika dalam mesin pencari google diketik nama fashion shop facebook, butik facebook, atau toko fashion facebook akan muncul nama-nama toko dalam Facebook yang jumlahnya mencapai jutaan toko fashion. Penelitian ini bertujuan untuk : pertama, untuk mengetahui variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Kedua, untuk mengetahui variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Ketiga, untuk mengetahui diantara variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen, manakah yang secara dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada responden yang memenuhi syarat dalam pengisian kuesioner, yaitu responden yang pernah melakukan pembelian pada toko fashion di Facebook, yang lokasi tokonya berada di Indonesia, warga negara Indonesia dan berjenis kelamin wanita. Berbagai macam teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas; analisis deskriptif; uji asumsi klasik; regresi linier berganda; uji koefisien determinasi; uji F; dan uji t. Pengolahan data menggunakan aplikasi komputer programIBM Statistical Product and Service Solutions(SPSS) 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara parsial yang berpengaruh positif dan signifikan adalah variabel atmosfer, promosi, kepercayaan, dan karakteristik konsumen. Variabel produk, harga, dan pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel karakteristik konsumen dengan signifikansi 0.000

English Abstract

The research was conducted on the basis of internet users look at the phenomenon that increases business and the rise of social networking online through Facebook, especially in the field of fashion. Data obtained from theultralinx.com in teknologi.inilah.com, world internet users increased by 7%, or about 2.1 billion users in the past decade. Facebook active users in 2012 reached 900 million users. According Fuleova, a social media analyst in www.socialbakers.com mentions 15 countries with ever-increasing growth of Facebook. Indonesia is one country with a growing user growth. Indonesia is in the fifth position with a reach 43,831,880 users. The number of Facebook users make many entrepreneurs sell their products on Facebook. If in terms of fashion, when the google search engine typed name facebook fashion shop, boutique facebook, or facebook fashion store names will appear in the Facebook store which amounted to millions of fashion stores. This study aims to: first, to determine the variable atmosphere, product, price, promotion, service, trust, and consumer characteristics simultaneously influence the purchasing decisions in a fashion store on Facebook. Second, to determine the variable atmosphere, product, price, promotion, service, trust, and the characteristics of the partial effect on consumer purchasing decisions at a fashion store on Facebook. Third, to determine the variables between the atmosphere, product, price, promotion, service, trust, and consumer characteristics, which one is the dominant influence on purchase decisions in a fashion store on Facebook. This type of research is a study conducted by researchers explanations (explanatory research) with a quantitative approach. The research instrument used in this study is a questionnaire. Questionnaires distributed to eligible respondents in filling out the questionnaire, the respondents who had made a purchase at a fashion store on Facebook, which store locations are in Indonesia, an Indonesian citizen and female sex. A wide range of data analysis techniques used in this study. Data analysis techniques used in this study is the validity and reliability; descriptive analysis; classical assumption test; linear regression; determination coefficient test; F test, and t test. Processing of the data using computer applications programIBM Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 20. The results showed that the atmospheric, product, price, promotion, service, trust, and consumer characteristics variables simultaneously influence the purchasing decisions in a fashion store on Facebook. This is demonstrated by the significant value of less than 0.05 is equal to 0.000. Partially a positive and significant effect is atmospheric variables, promotion, confidence, and consumer characteristics. Variable product, price, and service positive but not significant effect. Most influential variable is the dominant consumer characteristic variables with significance 0.000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/609/051402363
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Apr 2014 14:59
Last Modified: 22 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116149
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKApdf.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKApdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVERpdf.pdf]
Preview
Text
COVERpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI_pdf.pdf]
Preview
Text
1.PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of datakuesonerpdf.pdf]
Preview
Text
datakuesonerpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRANpdf.pdf]
Preview
Text
LAMPIRANpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.RINGKASAN_summary_pdf.pdf]
Preview
Text
2.RINGKASAN_summary_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.KATA_PENGANTARpdf.pdf]
Preview
Text
3.KATA_PENGANTARpdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._daftarisipdf.pdf]
Preview
Text
4._daftarisipdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIIpdf.pdf]
Preview
Text
BAB_IIIpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IIpdf.pdf]
Preview
Text
BAB_IIpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_Ipdf.pdf]
Preview
Text
BAB_Ipdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IVpdf.pdf]
Preview
Text
BAB_IVpdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_Vpdf.pdf]
Preview
Text
BAB_Vpdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item