Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Anggraini, TriNoviana (2013) Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis partisipasi masyarakat dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, baik secara simultan maupun parsialserta untuk mengetahui variable mana yang memiliki pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variable-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri dua variable bebas (X), antara lain partisipasi masyarakat (X1) dan kualitas pelayanan (X2), serta satu variable terikat yaitu kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y). Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.o for windows. Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F menunjukkan variable partisipasi masyarakat (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesid dengan menggunakan uji t menunjukkan variable partisipasi masyarakat (X1) dan kuyalitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak ornag pribadi (Y). Sedangkan dari pengujian hipotesis III menunjukkan variable yang paling dominan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y) adalah variable partisipasi masyarakat (X1) dengan nilai standardized coefficients (beta) sebesar 0.239 atau 23,9 %. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh bahwa variable partisipasi masyarakat (X1) dan kualitas pelayanan (X2) mampu memberikan sumbangan atau kontribusi terhadap variable kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Y) sebesar 0,494 atau 49,4% sedangkan sisanya 50,6% merupakan kontribusi dari variable lain yang tidak masuk dalam penelitian ini yang tidak terdeteksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/608/051402362
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Apr 2014 14:42
Last Modified: 22 Oct 2021 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116148
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item