Evaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) Sebagai Upaya Mendukung Pencapaian Target Mdg’s (Millenium Development Goals) Di Provinsi Ja

Mahanti, AuliyaHusnaSesari (2014) Evaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Jalin Kesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) Sebagai Upaya Mendukung Pencapaian Target Mdg’s (Millenium Development Goals) Di Provinsi Ja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Penanggulangan Kemiskinan Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat (Jalin Kesra) adalah Program yang digagas oleh Gubernur Jawa Timur yaitu Soekarwo, dimana program ini merupakan salah satu kebijakan pengentasan kemiskinan dengan sasaran utama yaitu Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), yang pelaksanaannya dimulai pada bulan Oktober tahun 2010 dengan konsep pengentasan kemiskinan by name, by addres dan by character sesuai dengan data BPS tahun 2009 (PPLS08). Program Penanggulangan Kemiskinan Jalin Kesra selain sebagai suatu program inisiatif Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai upaya penanggulangan kemiskinan, juga sebagai suatu bentuk kontribusi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam mendukung Program MDG’s (Millenium Development Goals) yang telah dibentuk dan disepakati secara Internasional khususnya dalam hal mengurangi presentase penduduk miskin menjadi setengahnya pada tahun 2015, yang secara lebih spesifik tertuang di dalam tujuan pertama MDG’s, yaitu menanggulangi kemiskinan dan kelaparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan mengevaluasi pelaksanaan program JalinKesra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. metode analisa data menggunakan metode model evaluasi Stake yang meliputi descriptions matrix menunjukkan Intents (goal=tujuan) dan observations (effect=akibat) atau yang sebenarnya terjadi. Judgment berhubungan dengan standar (tolak ukur=kriteria)/dan judgment (pertimbangan). Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Jalinkesra. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis Program Penanggulangan Kemiskinan Jalinkesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat) dapat meminimalisir kemiskinan di Jawa Timur sebagai upaya mendukung target MDGs. Hasil evaluasi pelaksanaan program JalinKesra didapatkan : (1) Nilai Partisipatoris sesuai dengan standart objektif. Dimana masyarakat terlibat aktif dalam proses pengambilan keputusan bantuan yang aka diberikan. (2) Dari data yang didapatkan, bantuan yang diterima oleh RTSM penerima bantuan telah memenuhi standart objektif pada RTSM non-produktif. Tetapi masih ada kendala pada RTSM produktif, yaitu masih adanya kendala yang terkait dengan kesalahan menu permintaan bantuan, dan kondisi dari bantuan pasca pemberian bantuan. (3) Untuk peningkatan kapasitas RTSM belum sesuai dengan standart objektif. Dimana Peningkatan kapasitas RTSM masih belum terlaksana secara maksimal. (4) Berdasarkan hasil evaluasi di lapangan pelaksanaan program JalinKesra menunjukkan banyak memberikan manfaat kepada RTSM. (5) Dari hasil kajian data didapatkan bahwa Peran program JalinKesra terhadap tujuan 1 MDG’s sesuai dengan standart objektif. Dimana program JalinKesra telah memberikan andil yang sangat besar terhadap Penurunan tingkat kemiskinan Nasional Beberapa saran yang diberikan peneliti untuk keberlanjutan program JalinKesra, diantaranya adalah: (1) Terkait kurangnya Sosialisasi pada program JalinKesra, dimana muncul keluhan warga yang belum tersentuh bantuan,dalam hal ini diharapkan adanya inisiatif dari pemerintah tiap kabupaten/kota untuk aktif membantu. (2) Diharapkan untuk selanjutnya ada pihak SKPD terkait yang berperan dalam pengadaan barang untuk melakukan uji kualitas dan spesifikasi barang atau natura produktif yang diperuntukkan kepada RTSM. (3) Ada baiknya pendataan melibatkan Ketua RT, RW serta Kepala Desa, kemudian diverifikasi oleh SKPD bersangkutan. (4) Ketika proses distribusi bantuan pihak SKPD melakukan koordinasi dengan tim pendamping setempat serta pihak pemenang tender yang telah bertanggungjawab terhadap pengadaan barang tersebut. (5) Untuk kedepannya agar Pemerintah Daerah setempat menganggarkan dana untuk kebutuhan operasional pengembangan atau peningkatan kapasitas RTSM kepada tim pendamping di tiap-tiap Kabupaten/Kota.

English Abstract

A Poverty Eradication Program was established by Governor East Java, Mr. Soekarwo. This program was named as Another Road toward People Welfare (Jalin Kesra – Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Rakyat). This program represented a policy to eradicate poverty which targeted to Very Poor Household (RTSM – Rumah Tangga Sangat Miskin). It started on October 2010, and it was implemented as poverty eradication concept by name, by address, and by character based on the 2009 data of the Statistical Bureau (PPLS08). Poverty Eradication Program of Jalin Kesra would be a program that was initiated by the government of East Java Province as the effort for poverty eradication. It was also reflecting a contribution of the government of East Java Province to MDGs (Millennium Development Goals) that had been internationally agreed. The government of East Java Province attempted to reduce the poor percentage into a half by year 2015, and it was consistent to the first goal of MDGs was to eradicate poverty and famine. Research attempted to understand, to describe and to evaluate the implementation of Jalin Kesra Program. Research was qualitative study using descriptive method. Data analysis method was Stake Evaluation Model. This model was containing of description matrix that involved intents (goal = objective) and observations (effect = consequence). The standard (yard point = criteria) and consideration will be judged. The objectives of research were: (1) to describe and to analyze the evaluation over the implementation of Poverty Eradication Program of Jalin Kesra, and (2) to describe and to analyze Poverty Eradication Program of Jalin Kesra in order to minimize the poverty in East Java as the effort to achieve MDG target. Result of evaluation over the implementation of Jalin Kesra Program was as followed: (1) Participation rate had been matched with the objective standard. The people were actively participated into decision-making process; (2) The grant that was given to the acceptor RTSM had complied with the objective standard for non-productive RTSM. However, the provision of grant for the productive RTSM was hindered because of some mistakes such as the wrong grant menu and the mismanaged grant after grant delivery; (3) The capacity building for RTSM was not yet matched with the objective standard. The capacity building for RTSM was not yet maximized; (4) Based on the result of evaluation over the implementation of Jalin Kesra Program, it seemed that the program gave benefits to RTSM; and (5) Result of data review indicated that the role of Jalin Kesra Program for the first goal of MDGs was agreed with the objective standard. It seemed that Jalin Kesra Program provided very big contribution to the reduction of national poverty rate. Some suggestions were given for the sustainability of Jalin Kesra Program. These were as followed: (1) Related to the lack of socialization for Jalin Kesra Program and many complaints from the people who were not yet accepting the grant, the government of district/town should take initiative to help the implementation of the program; (2) Any related SKPDs must help the program by supplying the goods, testing the quality and specification of goods, and ensuring the productive usage by RTSM; (3) The Chief of Neighborhood Association (RT/RW) and The Chief of Village could help the program by registering the acceptor, and the list was then verified by the related SKPD; (4) During the distribution of grant, SKPD must coordinate with the local counselor and the tender winner who were given responsibility to the goods provisioning; and (5) The local government must prepare the fund budget for the operational demand of the counselor team at each district/town in developing or increasing the capacity of RSTM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/605/051402316
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Apr 2014 14:15
Last Modified: 22 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116145
[thumbnail of skripsi_auliya.pdf]
Preview
Text
skripsi_auliya.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item