Prakoso, YudhistiraBagus (2013) Peningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api Melalui Boarding Pass (Studi Kasus Pada PT KAI Daop VIII Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian Ini Dilakukan Karena Pentingnya Kebutuhan Transportasi Dalam Pelayanan Publik, Dengan Meningkatnya Suatu Pelayanan Kepada Masyarakat Juga Sangat Mempengaruhi Suatu Pembangunan Pada Daerah Tersebut, Salah Satu Faktor Yang Sangat Vital Mempengaruhi Pembangunan Tersebut Adalah Transportasi. Sebab Transportasi Sebagai Alat Kehidupan Politik, Ekonomi, Soial, Budaya Dan Pertahanan. Kereta Api Merupakan Salah Satu Alat Transportasi Yang Paling Digemari Oleh Masyarakat. Sebagai Wujud Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Kemudahan Akses Salah Satunya Dengan Memberlakukan Peraturan Baru Mengenai Boarding Pass, Hal Tersebut Diharapkan Mampu Menghilangkan Praktek Percaloan. Berdasarkan Latar Belakang Peneliti Tertarik Untuk Meneliti Mengenai Pelayanan Boarding Pass Pada PT KAI Daop VIII Surabaya, Efektifitas Yang Terjadi Dalam Pelayanan Boarding Pass, Dan Juga Kendala Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Boarding Pass . Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mendiskripsikan Dan Menganalisis Peningkatan Kualitas Pelayan Publik Melalui Boarding Pass. Untuk Mendiskripsikan Dan Menganalisis Faktor Faktor Yang Menjadi Kendala Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada PT KAI Daop VIII Surabaya. Penelitian Ini Bersifat Deskriptif Dengan Pendekatan Kualitatif. Lokasi Penelitian Ini Adalah Kota Surabaya Dengan Situs Penelitian Pada PT KAI Daop VIII Surabaya. Teknik Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi Dan Dikumntasi. Berdasarkan Hasil Penelitian Pelayann Dalam Pelaksanaan Boarding Pass Yang Dilakukan Oleh PT KAI Daop VIII Surabaya Untuk Mencapai Kualitas Pelayanan Publik Yang Baik, Maka Diterapkan Aspek Aspek Tersebut Meliputi: Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, Keseimbangan Hak Dan Kewajiban. Sehingga Dengan Adanya Kualitas Pelayanan Yang Baik Maka Pelayanan Publik Yang Baik Dapat Dinikmati Oleh Masyarakat Atau Pengguna Jasa Kereta Api. Saran Yang Dapat Diberikan Adalah Perlu Adanya Sosialisasi Berkelanjutan Kepada Masyarakat Tentang Adanya Boarding Pass, Perlu Ditingkatkannya SDM Melalui Kinerja Petugasyang Berhubungan Langsung Dengan Boarding Pass . Perlu Adanya Kerja Sama Antara PT KAI Dengan Masyarakat Sebagai Pengguna Jasa Kereta Api, Serta Perlu Adanya Penambahan Gerbong Bkereta Api Guna Memberikan Pelayanan Yang Maksimal Terhadap Masyarakat.
English Abstract
The importance of transportation for public service is the background of research. Public service influences greatly development rate of a region. A very important factor influencing the development is transportation because transportation is the artery of political, economical, social, and cultural and defense lives. One form of the required transportation is railroad which is known as mass transportation device. The management of railroad has attempted to meet the demand of improved service quality and increased accessibility. The service given through boarding pass is aimed at eliminating the practice of railroad ticket scalping. Considering above matters, the author is interested to examine the boarding pass service at PT KAI Daop VIII Surabaya, the effectiveness of boarding pass service, and the barriers against boarding pass function. The objectives of research are to describe and to analyze the improvement of public service quality through boarding pass at PT Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya; to describe and to analyze public service quality through boarding pass at PT Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya; and to describe and to analyze factors constraining the improvement of public service quality through boarding pass at PT Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya. Research is descriptive with qualitative approach. The location of research is at Surabaya City while the research site is PT KAI Daop VIII Surabaya. Data collection techniques included interview, observation and documentation. Result of research on the implementation of boarding pass by PT Kereta Api Daop VIII Surabaya indicates that the superior public service quality may be given with some aspects supporting this program. These aspects included transparency, accountability, conditional, participative, right equality, right balance and obligation. Through the presence of superior service quality, good public service will be enjoyed by the community or the user of railroad transportation service. It may be suggested that the sustainable socialization about boarding pass is necessary to the community, the human resource related to the performance of officer at boarding pass service must be improved, and the synergy must be developed between PT KAI and the community as the user of railroad service.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/591/051401868 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Mar 2014 08:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116134 |
Preview |
Text
Skripsi_FULL.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |