Kinerja Aparat Kelurahan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Kantor Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),

Hasanah, NandaUswatun (2013) Kinerja Aparat Kelurahan Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Kantor Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja pegawai kelurahan memegang peranan penting dalam fungsi pelayanan sekaligus juga merupakan ujung tombak dari kecamatan dalam rangka otonomi daerah. Tugas kelurahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat di lingkungannya. Beberapa jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam hal ini adalah antara lain Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, surat Nikah, Talak, Cerai, Rujuk (NTCR), dan juga surat keterangan kelahiran dan kematian. Tuntutan masyarakat adalah menginginkan prosedur pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit, waktu penyelesaian yang cepat, dan biaya pelayanan yang murah. Oleh karena itu para pegawai pemerintahan harus mampu memberikan pelayanan yang baik dan efektif guna memenuhi harapan dari masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja aparat kelurahan, proses kerja pelayanan yang diberikan oleh pegawai, sarana dan prasarana yang tersedia, dan juga bentuk pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengambil lokasi dan situs penelitian di Kantor Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kinerja para pegawai dalam menjalankan tugas, daya tanggap dan semangat kerja melayani masyarakat cukup baik. Perbaikan kinerja pegawai Kelurahan Merjosari ditandai dengan adanya prosedur pelayanan yang jelas, biaya pelayanan yang terjangkau, waktu penyelesaian yang semakin cepat. sarana dan prasarana yang tersedia yaitu ruang tunggu yang nyaman, dan kelengkapan teknologi untuk menunjang pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Pelayanan yang disediakan antara lain pelayanan perizinan, pelayanan surat keterangan, dan pelayanan penyampaian informasi untuk membantu masyarakat menyelesaikan kepentingan administrasi kependudukan. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi antara lain kesadaran masyarakat untuk memberikan data yang akurat dan benar, pembinaan dan penertiban dalam prosedur kerja, selain itu penyelenggaraan bimbingan teknologi harus terus menerus dilakukan agar tercipta pelayanan administrasi kependudukan yang cepat, tepat, mudah,efektif dan efisien.

English Abstract

Village employee performance plays an important role in the functioning of the service as well as the spearhead of the districts in the framework of regional autonomy. The task of the village is providing services to the local community. Several types of services needed by the community in this case is, among others, National Identity Card, Family Card, a letter of Marriage, Divorce, Divorce, Refer (NTCR), as well as birth and death certificates. Demands of society are wanting service procedures easily and uncomplicated, fast turnaround time, and low cost service. Therefore, government officials must be able to provide good service and effective to meet the expectations of society. The purpose of this study is to describe and analyze the performance of village officials, the working process of services provided by employees, facilities and infrastructure are available, and also the form of services provided is in conformity with the prescribed procedure. This type of research used in this study is a descriptive study with a qualitative approach that takes the location and the site of research at the Village Office Merjosari Lowokwaru Malang. In this study it can be concluded that the performance of the employees in performing their duties, responsiveness and serve the public morale is quite good. Village employee performance improvement Merjosari characterized by service procedures are clear, reasonable service charge, the faster turnaround time. facilities and infrastructure available is a comfortable waiting room, and completeness of the technology needed to support public services. Services provided include licensing services, certificate services, and delivery of information services to help people resolve administrative interests of the population. From these results, the researchers make recommendations inter alia public awareness to provide accurate and correct data, guidance and control of the working procedures, in addition to the implementation of the guidance technology should continue to be done in order to create population administration service that is fast, precise, simple, effective and efficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/589/051401894
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Mar 2014 10:28
Last Modified: 22 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116132
[thumbnail of 051401894.pdf]
Preview
Text
051401894.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item