Strategi Manajemen Aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Desa (Studi pada BUMDES di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik)

Hayyuna, Rizka (2013) Strategi Manajemen Aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam rangka Meningkatkan Pendapatan Desa (Studi pada BUMDES di Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan adalah masalah yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Kemiskinan pedesaan adalah masalah yang sangat besar. Diakui secara luas bahwa persentase kemiskinan pedesaan adalah 14,79% sedangkan kemiskinan perkotaan adalah 8,60%. Berurusan dengan kemiskinan pedesaan, pemerintah pusat mengesahkan desa untuk mengelola dan memaksimalkan aset desa yang ada melalui BUMDES. Kehadiran Bumdes diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan desa. Namun, implementasi aktivitas BUMDES menghadapi berbagai kendala antar desa. Di Bumdes, di Desa Sekapuk, kendala ini disebabkan oleh manajemen aset desa yang kurang maksimal. Ini dianggap kurang maksimal karena data pendapatan desa menunjukkan bahwa pendapatan dari penjualan produk unggulan desa masih kurang. Mempertimbangkan masalah ini, tujuan penelitian adalah (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi manajemen aset yang digunakan oleh BUMDES di Desa Sekapuk untuk meningkatkan pendapatan desa, dan (2) untuk menggambarkan dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan membatasi implementasi aset Strategi manajemen oleh BUMDES SEKAPUK untuk meningkatkan pendapatan desa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data adalah kualitatif dengan dua sumber, yaitu data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian melibatkan penulis, manual wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis mencakup pengurangan data, presentasi data dan kesimpulan. Secara umum, penelitian membahas tentang strategi manajemen aset oleh BUMDES di Desa Sekapuk untuk meningkatkan pendapatan desa. Konsep strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep strategi manajemen Joerson yang terdiri dari kegiatan seperti mengamati lingkungan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman), menetapkan strategi, mengevaluasi strategi, mengevaluasi dan mengendalikan. Konsep Strategi Manajemen dipilih untuk menganalisis pekerjaan dengan BUMDES di Sekapuk Village yang melibatkan layanan listrik online, layanan air minum, menghemat layanan pinjaman (UED-SP), layanan silgg, dan layanan agribisnis.

English Abstract

Poverty is a problem that must be immediately solved by government. Rural poverty is one such great concern. It is widely recognized that the percentage of rural poverty is 14.79 % while that of urban poverty is 8.60 %. Dealing with rural poverty, the central government authorizes the village to manage and to maximize the existing asset of village through BUMDES. The presence BUMDES is expected to help improving village revenue. However, the implementation of BUMDES activity is facing the different constraint between villages. In BUMDES, at Sekapuk Village, the constraint is due to the less maximal management of village asset. It is considered as less maximal because village revenue data show that the revenue from the sale of village leading product is still lack. Considering this problem, the objectives of research are (1) to describe and to analyze the asset management strategy used by BUMDES at Sekapuk Village to improve village revenue, and (2) to describe and to analyze the factors supporting and constraining the implementation of asset management strategy by BUMDES of Sekapuk to improve village income. Research uses qualitative descriptive approach. Type of data is qualitative with two sources, which are primary and secondary data. Data are collected using interview, observation and documentation. Research instruments involve author, manual of interview, and field note. The analysis technique includes data reduction, data presentation and conclusion. In general, research discusses about the strategy of asset management by BUMDES at Sekapuk Village to improve village revenue. The strategy concept used in this research is Joerson’s management strategy concept consisting of activities such as observing the environment (strength, weaknesses, opportunities and threats), setting the strategy, implementing the strategy, evaluating and controlling. Management strategy concept is selected to analyze the work by BUMDES at Sekapuk Village which involves online electric service, drink water service, saving loan service (UED-SP), SILG service, and agribusiness service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/581/051401094
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2014 11:06
Last Modified: 22 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116124
[thumbnail of 5.pdf]
Preview
Text
5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item