Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang

Vradiesta, Tieza (2013) Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi Publik Dibentuk Untuk Memberikan Pelayanan Kepada Publik/ Masyarakat. Sesuai Dengan Kepmenpan No.63 Tahun 2003, Organisasi Publik Sebagai Lembaga Penyelenggara Pelayanan Publik Bertanggungjawab Memberikan Pelayanan Yang Terbaik. Oleh Karena Itu, Maka Usaha Untuk Meningkatkan Kinerja Terus Dilakukan Oleh Pemerintah. Karena Tugas Organisasi Publik Adalah Memberikan Pelayanan Pada Publik Maka Kinerja Organisasi Publik Sama Dengan Kinerja Pelayanan. Kinerja Pelayanan Yang Dilakukan Oleh Instansi Pemerintah Selama Ini Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Masih Dinilai Kurang Memuaskan. Hal Ini Disebabkan Masih Banyak Aparatur Pemerintah Yang Kurang Kompeten Dalam Melaksanakan Tugas Dan Fungsinya. Salah Satu Unit Pemerintah Yang Banyak Bersinggungan Dengan Pelayanan Adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu. Laporan Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Dan Menganalisa Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kota Malang Serta Faktor Yang Mempengaruhinya. Maka Dari Itu, Metode Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif Dengan Analisis Deskriptif. Fokus Dalam Penelitian Ini Ialah Yang Pertama, Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Sesuai Visi Misi Di Kota Malang Yaitu Bp2t Dilihat Dari Aspek Stuktur Organisasi, Aspek Kepemimpinan, Aspek Budaya, Aspek Kebijakan. Kemudian Fokus Yang Kedua Ialah Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kota Malang. Hasil Penelitian Ini Adalah Kinerja Bp2t Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kota Malang Pada Empat Aspek Kinerja Organisasi Yaitu Struktur Organisasi, Kepemimpinan, Budaya, Kebijakan/ Sistem Yang Telah Dijelaskan Pada Fokus Penelitian Secara Keseluruhan Menjelaskan Bahwa Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Yaitu Kurang Baik. Ada Beberapa Unsur Yang Menunjukkan Bahwa Kinerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Belum Mencapai Kategori Ideal. Maka Saran Dari Penelitian Ini, Kinerja Bp2t Harus Diperhatikan Lagi Dalam Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Masyarakat.

English Abstract

Public Organization Formed To Provide Services To The Public / Society. According To Kepmenpan No.63, 2003, Public Organizations As Providers Of Public Services Agency Responsible For Providing The Best Services. Therefore, Efforts To Improve Performance Continuously Carried Out By The Government. Because The Task Of Public Organizations Are Providing Services To The Public, So The Performance Of Public Organizations Similar With The Performance Of Services. Performance Of Services That Performed By Government Institutions During This Time On The Public Services Was Still Considered Less Of Satisfactory. This Happened Because There Are Many Government Apparatus Who Are Less Competent In Carrying Out Their Duties And Functions. One Of Government Unit Which Are Associated With The Service Is Licensing Service Unity Agency. The Purpose Of This Research Is Descripted And Analyze The Performance Of Licensing Service Unity Agency On The Public Services At Malang City, And The Factors That Affected It. Therefore, The Research Methods That Used On This Research Is Qualitative Research With Descriptive Analysis. The Focus In This Study Is The First, The Performance Of Licensing Service Unity Agency On The Public Service According To The Vision And Mission In Malang City That Bp2t Viewed From The Aspect Of Organization Structure, Leadership Aspects, Cultural Aspects, Policy Aspects. Then The Focus Of The Second Is The Factor That Affects The Performance Of Licensing Service Unity Agency On The Public Service In Malang City. The Results Of This Research Is The Performance Of Licensing Service Unity Agency On The Public Service With The Four Aspects Of Organizational Performance Namely The Organization Structure, Leadership, Culture, Policy Or System That Have Been Described On The Research Focus Overall The Performance Of Licensing Service Unity Agency Is Not Good. There Are Several Elements Indicate That The Performance Of Licensing Service Unity Agency On The Public Services Has Not Reach Ideal Category. So The Suggestion From These Results Is The Performance Of Licensing Service Unity Agency Must Be Observed Again Within Provide The Best Service To The Public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/570/051400644
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Feb 2014 10:36
Last Modified: 22 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116113
[thumbnail of SKRIPSI_UB_-_Tieza_Vradiesta_0910310123---1.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_UB_-_Tieza_Vradiesta_0910310123---1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item