Evaluasi Implementasi Kebijakan Dan Pengawasan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meminimalisasi Kredit Macet (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang

Christy, IvenAgatha (2013) Evaluasi Implementasi Kebijakan Dan Pengawasan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meminimalisasi Kredit Macet (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang Merupakan Salah Satu Unit Bank Rakyat Indonesia Yang Menyalurkan Kredit Mikro, Salah Satu Jenis Kredit Mikro Yang Disalurkan Adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kredit Usaha Rakyat (KUR) Adalah Program Pemerintah Dalam Bentuk Kredit Atau Pembiayaan Kepada Usaha Mikro Kecil Menengah, Serta Koperasi (UMKM-K) Yang Memiliki Usaha Produktif (Telah Feasible Namun Belum Bankable ) Untuk Modal Kerja Atau Investasi. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang Menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Dengan Plafon Sampai Dengan Rp. 20.000.000,00 (Dua Puluh Juta Rupiah). Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Implementasi Kebijakan Dan Pengawasan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meminimalisasi Kredit Macet Yang Dilakukan Oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang. Jenis Penelitian Yang Dilakukan Adalah Penelitian Deskriptif Dengan Pendekatan Kualitatif. Fokus Penelitian Ini Difokuskan Pada Implementasi Kebijakan Kredit Pada Prosedur Pemberian Kredit Usaha Rakyat, Pelaksanaan Pengawasan Kredit, Dan Kredit Usaha Rakyat Yang Bermasalah Dalam 3 (Tiga) Periode, Yaitu 31 Desember 2010 S/D 31 Desember 2012 Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Tanjungrejo Malang. Hasil Penelitian Adalah Kebijakan Kredit Yang Dibuat Oleh Bank Rakyat Indonesia Yang Tertuang Pada Pedoman Pelaksanaan Kredit Bisnis Mikro (PPK-BM) Cukup Baik Dan Sudah Berpedoman Pada Standar Bank Indonesia, Namun Dalam Penerapannya Terdapat Beberapa Kelemahan Dalam Beberapa Aspek. Kelemahan Yang Ditemukan Adalah Kurangnya Tenaga Account Officer (AO), Adanya Perangkapan Tugas Account Officer , Tidak Adanya Fungsi Supervisor Unit, Kurangnya Frekuensi Audit Internal, Serta Kurang Optimalnya Kegiatan Pembinaan Debitur. Berdasarkan Analisis Yang Telah Dilakukan, Peneliti Memberikan Saran Dari Hasil Temuan Tersebut Yaitu Mengingat Pentingnya Fungsi Account Officer Maka Perlu Adanya Penambahan Jumlah Tenaga Account Officer Kredit Usaha Rakyat, Adanya Perangkapan Tugas Account Officer Sebaiknya Dihindari Agar Tidak Terjadi Penyimpangan Terhadap Prisip Kehati-Hatian Dan Pengendalian Intern Dengan Cara Membentuk Fungsi Baru Yaitu Credit Recovery , Perlu Adanya Penambahan Supervisor Unit, Penambahan Frekuensi Audit Internal, Serta Pelaksanaan Kegiatan Pengawasan Dan Pembinaan Debitur Secara Berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/559/051400342
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Jan 2014 08:57
Last Modified: 22 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116102
[thumbnail of 8._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._BAB_I.pdf]
Preview
Text
2._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_II.pdf]
Preview
Text
3._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_III.pdf]
Preview
Text
4._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_V.pdf]
Preview
Text
6._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
5._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item