Prihanto, CaturDedy (2013) Upaya Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling (Studi Tentang Pelaksana. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam Kehidupan Bernegara, Pelayanan Publik Memiliki Peranan Yang Sangat Penting. Pemerintah Memiliki Fungsi Memberikan Berbagai Pelayanan Publik Yang Diperlukan Oleh Masyarakat. Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Organisasi Publik Melakukan Perbaikan Sistem Dan Prosedur Layanan Melalui Program-Program Inovatif Yang Berorientasi Pada Kebutuhan Dan Kepuasan Masyarakat. Salah Satu Organisasi Publik Yang Melakukan Inovasi Dalam Pelayanan Publik Adalah Kantor Bersama Samsat Jombang. Samsat Jombang Memiliki Beberapa Layanan Unggulan Salah Satunya Adalah Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Dengan Layanan Samsat Keliling Yang Memberikan Kemudahan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Bagi Masyarakat Yang Tempat Tinggalnya Berjauhan Dari Lokasi Kantor Bersama Samsat Jombang. Penelitian Ini Ditujukan Untuk Mendeskripsikan Dan Mengetahui Pelaksanaan Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling Di Kabupaten Jombang, Mendeskripsikan Dan Mengetahui Faktor-Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Layanan Unggulan Samsat Keliling, Dalam Penelitian Ini Akan Digunakan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif. Perolehan Data Dilakukan Melalui Tiga Cara Yaitu Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi Yang Dilakukan Di Kantor Bersama Samsat Jombang, Analisis Data Didasarkan Pada Model Interaktif Miles And Huberman, Data Disusun Secara Sistematis Yang Akan Dilakukan Interpretasi Dan Penarikan Kesimpulan. Hasil Dari Penelitian Menunjukkan Bahwa Sistem Pelayanan Samsat Keliling Di Kabupaten Jombang Bisa Dikatakan Terjadi Peningkatan Setelah Adanya Layanan Samsat Keliling. Hal Ini Ditunjukkan Dengan Pelayanan Yang Menjadi Lebih Efektif Dan Efisien Pada Pelayanan Pembayaran Pajak Bersistem Keliling, Karena Mendekatkan Pelayanan Bagi Wajib Pajak Yang Bertempat Tinggal Jauh. Kualitas Sumber Daya Manusia, Lokasi Pelayanan Yang Strategis Dan Sosialisai Yang Dilakukan Untuk Memberikan Informasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Bersistem Keliling Menjadi Faktor Yang Sangat Mendukung Berjalannya Pelayanan Samsat Keliling. Di Lain Pihak Ada Beberapa Hambatan Dalam Pelayanan Ini Diantarnya Yaitu Sarana Prasarana Yang Kurang Lengkap Dan Kurangnya Kesadaran Masyarakat Terhadap Pentingnya Syarat Pelayanan Dan Etika Dalam Mendapatkan Pelayanan
English Abstract
In The Life Of The State, The Public Service Has A Very Important Role. The Government Has Provided Public Services Needed By The Community. To Improve Service To The Public Organization Do The Repair Systems And Procedures Services Through Innovative Programs That Are Oriented On The Needs And Satisfaction Of The People. One Of The Public Organizations That Innovate In Public Service Is A Samsat Jombang Office. Samsat Jombang Has Some Excellent Service One Of Which Is Motor Vehicle Tax Payment Service With Services That Provide The Ease Of Samsat Keliling (Mobile Samsat) Payment Of Motor Vehicle Tax For People Far From The Location Of His Samsat Jombang Office. This Study Aimed To Describe And Knowledge The Implementation Efforts Improved Motor Vehicle Tax Payment Services Through Itinerant Services Mobile Samsat, Describe And Find Support Factors And A Barrier To The Provision Of Excellent Service Samsat, Describe And Attempt To Socialize Together With Samsat Jombang In Mobile Samsat Service System. In The Current Study Qualitative Methods Will Be Used With The Descriptive Approach. Retrieval Of Data Is Done Through Three Ways I.E. Observation, Interview And Documentation Is Done In The Samsat Jombang Office, Data Analysis Is Based On Interactive Models, Miles And Huberman, Systematically Arranged Data Which Will Be Interpretation And The Withdrawal Of The Conclusion. The Results Of The Research Indicate That Itinerant Samsat Service System In Ticino Is Arguably Improved After Service Samsat Tour. This Is Demonstrated By The Ministry To Be More Effective And Efficient In The Service Of Payment Of Taxes Or A Tour, Due To Hold Service For Taxpayers Who Live Far Away. The Quality Of Human Resources, A Strategic Location, Service And Sosialisai Are Made To Provide Payment Information To Tax Motor Vehicle Has A Circumference Of Being An Itinerant Ministry Passes In Support Of Samsat. On The Other Hand There Are Some Obstacles In This Service Such As That Is The Complete Lack Of Infrastructure And Lack Of Public Awareness Of The Importance Of The Terms Of Service And Ethics In Getting Services
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/528/051311884 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 13:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116072 |
Preview |
Text
BAB_IV_samsat_fix.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_samsat_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover_+_Daftar_Isi.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III_samsat_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II_samsat_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I_samsat_fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |