Peran Humas Pemerintah Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Kediri),

Yuwana, PriskaSandra (2013) Peran Humas Pemerintah Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat (Studi Pada Bagian Humas Dan Protokol Pemerintah Kota Kediri),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Ini Dilakukan Untuk Melihat Bagaimana Sejauh Ini Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Adanya Uud Keterbukaan Informasi Publik (Kip) Nomor 14 Tahun 2008 Serta Tingginya Kebutuhan Informasi Masyarakat, Humas Pemerintah Dituntut Untuk Melaksanakan Kegiatan Pelayanan Informasi Secara Maksimal. Peran Penting Humas Pemerintah Kota Kediri Semakin Berat Dikarenakan Kota Kediri Belum Membentuk Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Dan Terganggunya Website Pemerintah Kota Kediri Yang Menghambat menyampaian Informasi Kepada Masyarakat. Penelitian Ini Mengangkat Dua Permasalahan Yaitu, Pertama Bagaimana Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Kedua, Apakah Faktor Yang Mendukung Dan Menghambat Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat. Hasil Penelitian Menunjukkan Peran Humas Pemerintah Kota Kediri Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Cukup Memadai. Kegiatan Humas Dalam Mengelola Dan Menyampaikan Informasi Yaitu, Mengumpulan Informasi Yang Bersumber Dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (Skpd) Pemerintah Kota Kediri. Menyimpan Informasi Menggunakan Sarana Rak Berkas Dan Hardisk. Dalam Penggunaannya Masyarakat Dan Pers Dapat Memperoleh Informasi Sesuai Dengan Prosedur Yang Telah Ditetapkan Oleh Humas Pemerintah Kota Kediri. Sedangkan Penyampaian Informasi Berupa Penyelenggaraan Pembangunan Dan Pemerintahan Daerah Dilakukan Secara Langsung Dan Tidak Langsung Melalui Media Cetak, Radio, Televisi, Website Dan Kelompok Informasi Masyarakat Dengan Pedoman Uud Keterbukaan Informasi Publik (Kip). Kegiatan Penyampaian Informasi Dilakukan Dengan Menggunakan Standar Penyampaian Informasi Untuk Mencapai Keberhasilan Proses Penyampaian Informasi Kepada Masyarakat. Saran Yang Diberikan Dalam Penelitian Ini Adalah Isi Website Pemerintah Terutama Informasi Seputar Pemerintah Dan Kota Kediri Perlu Dilakukan Pembaharuan Secara Menyeluruh. Untuk Penyaluran Majalah Barometer Hendaknya Tidak Hanya Disalurkan Kepada Dinas-Dinas Saja, Tetapi Disalurkan Kepada Masyarakat Luas Dengan Memasukkan File Majalah Dalam Website Pemerintah. Humas Pemerintah Kota Kediri Hendaknya mengembangkan Pegawai Dalam On The Job Training . Dan Meningkatkan Koordinasinya Dengan Skpd Agar Dapat Memberikan Lebih Banyak Informasi Sehingga Informasi Yang Diberikan Dapat Segera Dibantu Dalam menyebarannya.

English Abstract

This Research Is To See How Far Is The Role Of The Governmental Public Relations Of Kediri City In The Local Information Division In Managing And Disseminating The Information. Act No. 14 Year 2008 About Public Information Transparency (Kip) And Community Needs Of The Information, Requires Governmental Public Relations To Maximize The Information Related Service. However, The Role Of The Governmental Public Relations In Kediri City Is More Challenging Because Kediri City Is Not Yet Establishing Documentation And Information Management Functionary (Ppid) And Governmental Website Of Kediri City Is Still Highly Subjected To The Disturbance Thus Causing The Difficulty In Disseminating The Information To The Public. Two Problems Of Research Are Determined. First Is How Is The Role Of The Governmental Public Relations Of Kediri City In Managing And Disseminating The Information To The Public. Second Is What Factors Are Supporting And Constraining The Governmental Public Relations Of Kediri City In Managing And Disseminating The Information To The Public. Result Of Research Indicates That Public Relations Government Of Kediri City The Role Of Managing And Disseminating Information To The Public Is Suffice. Public Relations Government Of Kediri City Involves Many Activities Related To The Management And Dissemination Of Information. The Collection Of Information Is Sourced From Skpd Of The Government Of Kediri City. The Storage Of Information Is Using Archive Shelf And Hard Discs. The Related Organization And The Public Get Obtain Information Based On The Procedure Determined By Public Relations Government Of Kediri City. The Dissemination Of Information Activities Is Directly And Indirectly Through Such As Radio, Printing, Television, Website And Public Information Group With Appropriate Of Act About Public Information Transparency (Kip). The Dissemination Of Information Use Of Delivery Standard To Ensure The Successful Dissemination Of Information To The Public. Suggested Which Given In This Research That Contents In The Government Website Is Updated In Sustainable Manner, Especially For The Information About The Government And Kediri City. The Magazine “Barometer” Shall Not Be Only Delivered To Certain Officials, But Also Published For Wide Public And Input File Of Magazine In The Government Website. Public Relations Government Of Kediri City Must Developing Employees On The Job Training. The Division Shall Also Improve The Coordination With Skpd To

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/492/051310739
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Nov 2013 10:21
Last Modified: 22 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116041
[thumbnail of SKRIPSI_PRISKA_0910310097.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PRISKA_0910310097.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item