Farahah, Ain (2013) Proses Penerapan Pelayanan Permodalan Lembaga Keuangan Mikro Swamitra Mina Kepada Nelayan Dalam Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kabupaten Tuban (Studi Pada Koperasi Perikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan yang timbul pada masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir khususnya nelayan. Permasalahan yang muncul di kehidupan para nelayan adalah terkait dengan masih rendahnya tingkat pendidikan, pengetahuan kelautan, pemilikan modal, pelayanan modal, serta manajemen usaha perikanan yang dimiliki. Hal ini tentu saja berdampak secara langsung pada perkembangan tingkat kesejahteraan nelayan yang masih rendah apabila dibandingkan dengan masyarakat nonpesisir. Diantara permasalahan-permasalahan tersebut, masalah yang paling mendasar adalah kepemilikan modal oleh nelayan untuk meningkatkan kehidupan ekonominya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelayanan permodalan dari unit usaha Lembaga Keuangan Mikro Swamitra Mina kepada nelayan di Kabupaten Tuban sebagai wujud pelaksanaan program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir. Serta faktor-faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat dalam mewujudkan pelayanan permodalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman (1992:15-20). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pelayanan permodalan yang dilaksanakan telah memberikan kemudahan kepada nelayan di Kabupaten Tuban dalam memperoleh serta mengakses sumber dana. Unit usaha Lembaga Keuangan Mikro Swamitra Mina melakukan proses kemitraan dengan lembaga pembiayaan atau perbankan yaitu Bank Bukopin. Dalam proses kemitraannya dengan Lembaga Keuangan Mikro Swamitra Mina, Bank Bukopin memberikan kemudahan-kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman kepada nelayan. Diantaranya adalah proses pinjaman yang dilakukan secara konvensional, dan sistem teknologi kemitraan perbankan yang digunakan telah menerapkan sistem teknologi kemitraan perbankan yang online . Namun, dalam pelaksanaan proses pelayanan permodalan tersebut masih terdapat beberapa hambatan. Hambatan maupun permasalahan yang muncul seringkali belum dapat tertangani dengan baik karena hal tersebut tergantung pada sumber daya manusia atau individual yang sifatnya bertindak langsung sebagai pelaksana pelayanan permodalan tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/479/051309854 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Oct 2013 11:36 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116027 |
Preview |
Text
vi._SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
x.__DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.__BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
xiv.__DAFTAR_TABEL,_GAMBAR,_LAMPIRAN_AIN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
vii._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11.__BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
76.__BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
85.__BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
163.__BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
170.__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
i._SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ii._MOTTO.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lembar_pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
v._RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |