Pembentukan Portofolio Optimal Dengan Menggunakan Single Index Model (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI periode 2008-2011).

Rarastiti, Hanggi (2013) Pembentukan Portofolio Optimal Dengan Menggunakan Single Index Model (Studi Pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI periode 2008-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perekonomian di Indonesia secara tidak langsung menarik minat investor untuk menanamkan modalnya dalam pasar modal. Salah satu kegiatan yang ada di pasar modal adalah investasi. Kegiatan investasi pada dasarnya memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Dalam berinvestasi investor selalu dihadapkan pada risiko atau ketidakpastian. Untuk meminimalkan risiko yang akan ditanggung, para investor bisa melakukan investasi dalam bentuk portofolio, yaitu berinvestasi pada lebih dari satu aset sehingga besarnya risiko dapat terdiversifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja saham perusahaan Food and Beverages dan melihat saham-saham manakah yang membentuk portofolio optimal. Setelah terpilih saham pembentuk portofolio optimal maka ditentukan berapa proporsi dana masing-masing saham yang terbentuk. Tujuan yang terakhir yaitu menentukan besarnya expected return dan risk portofolio Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis data kuantitatif. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah 16 perusahaan. Pemilihan sampel ditetapkan dengan teknik non-random sampling (non-probability sampling), khususnya teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak sembilan perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dan analisis data yang digunakan yaitu penerapan Single Index Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan perusahaan yang dijadikan sampel, terdapat empat perusahaan pembentuk portofolio optimal. Keempat saham tersebut adalah PT. Sekar Laut, Tbk, PT. Multi Bintang Indonesia, Tbk, PT. Delta Jakarta, Tbk, dan PT. Mayora Indah, Tbk dengan proporsi dana masing-masing sebesar 17,23%, 28,43%, 38,11%, dan 16,23%. Portofolio yang terbentuk dari empat saham tersebut memberikan expected return sebesar 4,73% dan mengandung risiko sebesar 0,17%. Investor dalam berinvestasi sebaiknya tidak menginvestasikan dananya hanya pada satu saham saja karena risiko yang ditanggung relatif besar. Apabila terjadi kerugiaan atas sahamnya maka investor tidak akan mendapatkan keuntungan apapun. Investor sebaiknya menginvestasikan dananya pada beberapa saham sehingga besarnya risiko dapat diminimalkan melalui diversifikasi. Apabila terjadi kerugian pada satu saham, maka kerugian tersebut akan tertutupi oleh keuntungan dari jenis saham lain yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/466/051309818
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2013 14:55
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116016
[thumbnail of 051309818.pdf]
Preview
Text
051309818.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item