Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Berbasis Electronic Government,

Mahendra, SatyaPutra (2013) Peningkatan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Berbasis Electronic Government,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka di bidang pemerintahan sekarang ini terjadi perubahan yang besar sekali. Salah satu perubahan itu adalah diwujudkannya tata pemerintahan yang demokratis dan baik ( democratic and good governance ). Dalam rangka mewujudkan good governance yaitu salah saatunya dengan cara electronic government. Diharapkan dengan pengembangan electronic government dapat terwujud pelayanan publik yang prima. Selain itu pengembangan electronic government untuk mewujudkan INPRES No.3 Tahun 2003. Pengembangan electronic government dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang untuk meningkatkan pelayanan informasi publik di bidang kesehatan khususnya melalui website. Diharapkan dengan pengembangan electronic government melalui website dapat memperbaiki pelayanan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan atas dasar peningkatan kualitas pelayanan informasi publik berbasis electronic government. Pada Dinas Kesehatan Kota Malang. Tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kualitas pelayanan informasi publik berbasis electronic government oleh Dinas Kesehatan Kota Malang dan kendala dalam pengembangannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tidak berstruktur, observasi dan penggunaan dokumendokumen terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan informasi publik berbasis electronic government telah sesuai dengan peraturan dan standar pelayanan yang telah ditetapkan dan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai informasi pelayanan kesehatan. Walaupun peningkatan kualitas pelayanan informasi publik berbasis electronic government dapat dikatakan cukup baik tetapi ada beberapa kendala yang perlu diperbaiki seperti perlunya sosialisasi mengenai website dan juga peningkatan SDM yang ada di Dinas Kesehatan Kota Malang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan informasi publik berbasis electronic government telah berjalan dengan baik dan berkelanjutan di Dinas Kesehatan Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/464/051309816
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Oct 2013 11:41
Last Modified: 22 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116015
[thumbnail of 051309816.pdf]
Preview
Text
051309816.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item