Sartia (2013) Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 yang Membeli dan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Smartphone Samsung merupakan telepon genggam untuk memudahkan konsumen berkomunikasi dengan cara yang praktis. Latar belakang dari penelitian ini tentang pembelian smartphone Samsung yang dipengaruhi oleh faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk dari Faktor Eksternal dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial dari Faktor Eksternal terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui variabel dari faktor eksternal yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Lokasi penelitian di lingkungan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa, faktor eksternal memiliki empat faktor yaitu Keluarga (X 1 ), Kelas Sosial (X 2 ), Kelompok Referensi (X 3 ), dan Kebudayaan (X 4 ). Keempat faktor tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam analisis regresi linier berganda sebagai variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan Keluarga (X 1 ), Kelas Sosial (X 2 ), Kelompok Referensi (X 3 ), dan Kebudayaan (X 4 ) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 29,946 dan probabilitas 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 0,502 atau 50,2% sedangkan sisanya sebesar 49,8% akan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Keluarga (X 1 ), Kelas Sosial (X 2 ), Kelompok Referensi (X 3 ), dan Kebudayaan (X 4 ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kelas Sosial (X 2 ) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,476. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Faktor Eksternal yang terdiri dari Keluarga, Kelas Sosial, Kelompok Referensi dan Kebudayaan secara bersama-sama dan parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Kelas Sosial merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/458/051309624 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 13:23 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116011 |
Preview |
Text
051309624.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |