Pengaruh Kesadaran merek, Asosiasi merek, Persepsi kualitas, Loyalitas merek terhadap Ekuitas merek (Survai pada Warga Perumahan Joyo Grand Konsumen Air Minum Kemasan Merek Aqua di Kota Malang).

Erviana, IndahPuji (2013) Pengaruh Kesadaran merek, Asosiasi merek, Persepsi kualitas, Loyalitas merek terhadap Ekuitas merek (Survai pada Warga Perumahan Joyo Grand Konsumen Air Minum Kemasan Merek Aqua di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap ekuitas merek, serta mengetahui variabel mana ( kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek) yang memiliki pengaruh secara dominan terhadap ekuitas merek. Jenis penelitian yang digunkan adalah eksplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Perumahan Joyo Grand Kelurahan Merjosari Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak88 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda serta analisis korelasi parsial untuk menguji hipotesis yang ditentukan. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvariabel bebas meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh terhadap Ekuitas Merek (Y). Hal ini ditunjukkan dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Ekuitas Merek adalah 51,2%, sedangkan sisanya 48,8% dipengaruhi oleh ariabel lain yang tidak diteliti dalam penelitianini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri keempat variabel bebas yang meliputi Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Ekuitas Merek (Y). Besarnya pengaruh masing-masing variabel meliputi Kesadaran Merek (X1) sebesar 0,000, Asosiasi Merek (X2) sebesar 0,000, Persepsi Kualitas (X3) sebesar 0,001, dan Loyalitas Merek (X4) sebesar 0,004. Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Kesadaran Merek (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap Ekuitas Merek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh variabel Kesadaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) secara bersama-sama terhadap Ekuitas Merek (Y). Secaras endiri-sendiri variabel Kesaran Merek (X1), Asosiasi Merek (X2), Persepsi Kualitas (X3), dan Loyalitas Merek (X4) berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/441/051309317
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Nov 2013 09:32
Last Modified: 22 Oct 2021 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115995
[thumbnail of 051309317.pdf]
Preview
Text
051309317.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item