Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo).

Subari, PrimaDwiWisudawan (2013) Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara berkembang yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah.Kekayaaan alam tersebut membentang dari sepanjang nusantara baik itu yang terkandung di dalam lautan yang mengelilingi hampir sebagian besar wilayah Indonesia, dan juga di wilayah daratannya. Dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki tersebut, sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam UUD 1945 bahwa seluruh kekayaan alam yang melimpah tersebut dikelola dan diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat Indonesia seluruhnya dengan dasar terciptanya masyarakat yang adil dan makmur. Di sidoarjo mempunyai Depo Pemasaran Ikan terdiri atas lahan 3,8 Hektar mempunyai fasilitas berupa area parkir yang luasnya . Borg ikan sebanyak 14 dan mempunyai area pasar ikan segar. Sehingga Depo Pemasaran Ikan (DPI) bertujuan untuk mempertahankan mutu ikan, meningkatkan minat beli ikan dari masyarakat, meningkatkan pendapatan petani / nelayan, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah, membantu pemerintah meningkatkan nilai tambak produk – produk perikanan dan memanfaatkan sumber daya perikanan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Kepemimpinan Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul serta faktor-faktor yang mempengaruhi dari Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif dengan Penelitian Kualitatif. Metode deskriptif untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.Dalam hal ini peneliti menggambarkan Kepemimpinan dan Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Guna Menjalankan Usaha Perikanan (Studi Kasus Depo Pemasaran Ikan Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo). Berdasarkan hasil dan pembahasan, peneliti menyimpulkan dua hal penting. Pertama , Kepemimpinan di Depo Pemasaran Ikan Kabupaten sidoarjo belum optimal dikarenakan dalam kepemimpinan yang baik meliputi 4 faktor, yaitu komunikasi,pengawasan, pengarahan,dan pengambilan keputusan. Untuk komunikasi dalam Depo Pemasaran ikan memakai komunikasi dua arah. Tetapi dalam pelaksanaannya kurang optimal dikarenakan dalam komunikasi para pedagang ikan di Depo Pemasaran Ikan dengan pemerintah sering terjadi kesalah pahaman. Untuk pengawasan b.Pengawasan pemimpin dalam Depo Pemasaran Ikan kurang optimal dikarenakan pemimpinnya atau pegawainya jarang untuk mengawasi sehingga banyak pedagang yang nakal yang berjualan diluar area yang disediakan pemerintah dan para pegawai Depo Pemasaran Ikan datang hanya untuk menarik retribusi pelelangan, menarik retribusi sewa tempat dagang dan menarik retribusi kebersihan. Tanpa ada penanganan atau tindak lanjutnya. Untuk pengarahan pemimpin Depo Pemasaran Ikan belum optimal, dikarenakan banyaknya para pedagang yang masih mengunakan bak untuk menjual ikan tersebut, alasan para pedagang yang berjualan memakai bak adalah tidak tahu bagaimana cara menjaga ikan agar tetap higienis dan terjaga mutunya. Untuk pengambilan keputusan pemimpin dalam Depo Pemasaran Ikan masih kurang optimal dikarenakan vii pemimpin Depo Pemasaran Ikan menunggu keputusan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan sehingga dalam pengambilan keputusan lambat dan tidak efektif. Kedua , Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Kabupaten Sidoarjo, dalam Optimalisasi Depo Pemasaran Ikan Kabupaten Sidoarjo belum optimal dikarenakan masih banyaknya para SDM di Depo Pemasaran Ikan yang belum mengetahui standart kehigienisan ikan, Sarana dan Prasarana banyaknya bangunan yang menganggur, kurangnya transportasi umum dan kecilnya tempat penyimpanan ikan. Untuk pemasarannya masih kurangnya promosi untuk mengenalkan Depo Pemasaran Ikan kepada masyarakat. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah Perlunya komunikasi, pengawasan, pengarahan, dan pengambilan keputusan lebih optimal, dikarenakan semua itu akan menjadi faktor untuk menoptimalkan depo pemasaran ikan Perlunya transportasi umum untuk menjangkau Depo Pemasaran Ikan, dikarekan membuat askes masyarakat ke Depo Pemasaran Ikan lebih efisien. Perlunya penyuluhan kepada para Sumber Daya Manusia diDepo Pemasaran ikan agar dapat menjaga kehigienisan Ikan Di Depo Pemasaran Ikan. Perlunya promosi pada Depo Pemasaran Ikan, agar para masyarakat lebih tertarik untuk membeli ikan diDepo Pemasaran Ikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/437/051309314
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2013 10:24
Last Modified: 22 Oct 2021 01:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115991
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Motto.pdf]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV.pdf]
Preview
Text
bab_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item