Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Kota Blitar.

Sugianto, NandaHuda (2013) Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otonomi daerah merupakan suatu bentuk reformasi penyelenggaraan pemerintah daerah, semua itu dilaksanakan dengan tujuan memberdayakan daerah. Masalah pokok dalam pembangunan daerah adalah luasnya lingkup pembangunan daerah, dimana salah satunya adalah dibidang pendidikan sesuai dengan peraturan dalam Undang-Undang No. 32 tahun 2004 pasal (14) yang menyebutkan bahwa salah satu bidang yang menjadi urusan wajib kabupaten/kota adalah dalam bidang penyelenggaraan pendidikan. Kurangnya guru yang profesional menjadi permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kinerja Dinas Pendidikan Daerah dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar di Kota Blitar dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar yang dilakukan oleh dinas pendidikan daerah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Blitar dan situs penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Dinas Pendidikan Daerah dalam pelaksanaan peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar di Kota Blitar cukup baik. Faktor pendukung sumber dana dari APBD, jumlah guru dan sekolah yang tidak terlalu besar dan aparat yang mumpuni dan diberikanya program kegiatan. Faktor penghambat dana dan kesejahteraan guru, sarana dan prasaran, terjadi kesenjangan informasi antara hasil rapat dengan kepala sekolah dan penyampaiannya kepada guru berbeda. Terkait dengan hal diatas, saran yang diberikan yaitu disediakan anggaran yang memadai bagi peningkatan kesejahteraan guru, dinas harus lebih fokus terhadap pemenuhan sarana dan prasarana, pertemuan yang intensif dengan kepala sekolah dan guru agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/432/051309309
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Nov 2013 12:05
Last Modified: 22 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115986
[thumbnail of 051309309.pdf]
Preview
Text
051309309.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item