Analisis Penerapan Metode Gross Up dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap sebagai Upaya Perencanaan Pajak (Studi pada PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang),

Sholikhah, MeiliyaImroatus (2013) Analisis Penerapan Metode Gross Up dalam Perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 Pegawai Tetap sebagai Upaya Perencanaan Pajak (Studi pada PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak, kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Sistem perpajakan Indonesia telah menerapkan prinsip self assessment . Wajib Pajak diberikan wewenang dan kepercayaan penuh oleh negara/pemerintah dalam mengatur seluruh proses pelaksanaan kewajiban perpajakannya yang dimulai dari menghitung dan menetapkan besarnya pajak terutang, menyetorkan pajak terutang ke kas negara, melaporkan perhitungan dan penyetoran, serta mempertanggungjawabkan semua kewajiban tersebut. Melalui self assessment system Wajib Pajak dapat merencanakan pajaknya dengan baik. Metode Gross Up merupakan salah satu upaya perencanaan pajak dalam perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21, dimana perusahaan memberikan tunjangan pajak yang jumlahnya sama besar dengan jumlah pajak yang akan dipotong dari pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dan dampak dari perencanaan pajak dengan menerapkan Metode Gross Up dalam perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 pegawai tetap pada PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, sehingga diharapkan perencanaan pajak dengan menerapkan Metode Gross Up dalam perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 pegawai tetap ini mampu membantu PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang untuk menganalisis kemungkinan adanya keuntungan yang bisa diperoleh yaitu berupa Pajak Penghasilan Badan yang lebih efisien. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya perencanaan pajak dengan Metode Gross Up memberikan pengaruh terhadap besarnya Pajak Penghasilan Badan PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang tahun 2012, yaitu sebelum perencanaan pajak ( Gross Method ) sebesar Rp24.874.401.367,00 dan setelah perencanaan pajak ( Gross Up Method ) menjadi sebesar Rp24.177.730.368,00. Implikasi bagi PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang berupa efisiensi Pajak Penghasilan Badan yang dapat digunakan untuk menunjang perkembangan perusahaan, sedangkan bagi pegawai tetap PT. PG. Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang akan semakin termotivasi untuk lebih produktif dan loyal pada perusahaan karena take home pay -nya yang utuh tanpa dipotong Pajak Penghasilan Pasal 21.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/419/051309047
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2013 15:58
Last Modified: 22 Oct 2021 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115974
[thumbnail of 051309047.pdf]
Preview
Text
051309047.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item