Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility Berbasis Local Wisdom (Studi pada Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro),

Siskawati, Tias (2013) Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility Berbasis Local Wisdom (Studi pada Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan sumber daya alam harus dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitar, begitu pula dengan adanya sumber daya migas yang berada di Lapangan Banyu Urip Kabupaten Bojonegoro telah memberikan hawa segar bagi pemerintah dan masyarakat untuk mencapai hidup yang lebih baik dan sejahtera. Pemerintah melakukan pembangunan migas Banyu Urip yang berada di Desa Gayam melalui Mobil Cepu Limited (MCL). Selain melakukan eksplorasi dan ekspolitasi migas, MCL wajib melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Desa Gayam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan dan dampak dari pelaksanaan CSR MCL berbasis local wisdom bagi kehidupan masyarakat Desa Gayam baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah pada pelaksanaan program CSR berbasis local wisdom yang berkaitan dengan program kerja, organisasi pelaksana, alokasi dana, sasaran dan juga pelaksanaannya serta berkaitan dengan dampak bagi masyarakat sekitar secara ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi dengan para informan antara lain: Kepala dan masyarakat Desa Gayam, PGA MCL, BAPPEDA Kabupaten Bojonegoro dan Farabi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh MCL menunjukkan adanya optimalisasi local wisdom yang ada di Desa Gayam. Hal itu tampak pada pelaksanaan CSR mulai dari perencanaan, teknis di lapangan sampai pada pelaporan hasil kegiatan telah melibatkan masyarakat Desa Gayam. Kemudian pelaksanaan CSR MCL juga menyesuaikan dan berpedoman pada kearifan lokal yang ada. Dampak dari pelaksanaan CSR telah mendorong perekonomian dan meningkatkan penghasilan masyarakat desa, meningkatkan akses pendidikan dan pelayanan kesehatan serta mampu mengubah perilaku dan kehidupan masyarakat desa menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan CSR MCL telah memberikan kontribusi bagi local wisdom di Desa Gayam baik secara ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Kemudian dalam pelaksanaan CSR MCL selanjutnya diharapkan lebih berfokus dan dioptimalkan pada kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kapasitas dan keterampilan masyarakat Desa Gayam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/394/051308738
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Oct 2013 14:45
Last Modified: 22 Oct 2021 01:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115950
[thumbnail of 051308738.pdf]
Preview
Text
051308738.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item