Perumusan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan analisis SWOT (Penelitian Pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang Celaket).

Desianti, Evi (2013) Perumusan Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan analisis SWOT (Penelitian Pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang Celaket). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui dan menganalisa kondisi lingkungan internal dan eksternal AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang Celaket berdasarkan pada kekuatan ( Strength ), kelemahan ( Weakness ), peluang ( Opportunity ) dan ancaman ( Threat ), yang dimiliki oleh perusahaan, dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat digunakan perusahaan setelah kondisi lingkungan internal dan eksternal dianalisis menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan fokus penelitian lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan External Faktor Evaluation (EFE), Internal Faktor Evaluation (IFE), Matriks Internal Exsternal (IE), Matriks SWOT , dan Matriks SPACE Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang sesuai untuk perusahaan AJB Bumiputera 1912 adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar, yang artinya dengan strategi ini perusahaan berupaya memperluas wilayah operasinya dan mengarahkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai pertumbuhan yang lebih menguntungkan. Kesimpulan yang yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan AJB Bumiputera 1912 memiliki posisi bersaing yang belum cukup kuat dipasaran bila dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Saran – saran bagi perusahaaan guna memajukan bisnisnya dan tidak kalah bersaing adalah Perusahaan perlu meningkatkan kualitas di semua aspek internalnya terutama optimalisasi sumber daya manusia sebagai aset utama dengan menciptakan suasana kerja yang dinamis dan harmonis, meningkatkan keahlian dan keterampilan karyawan, meningkatkan semangat kerja, disiplin kerja dan mental perkerja yang baik, Perusahaan perlu melaksanakan optimalisasi dalam pemasarannya dengan meningkatkan promosi melalui pemanfaatan media promosi agar tidak ketinggalan dengan para pesainganya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/392/051308736
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Oct 2013 12:26
Last Modified: 22 Oct 2021 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115948
[thumbnail of 051308736.pdf]
Preview
Text
051308736.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item