Analisis Fundamental Internal Untuk Menilai Kewajaran Harga Saham Dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011

Nourmasari, VivyDiah (2013) Analisis Fundamental Internal Untuk Menilai Kewajaran Harga Saham Dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis variabel fundamental secara internal dan menilai kewajaran harga saham perusahaan semen. Penilaian kewajaran harga saham perusahaan semen menggunakan analisis variabel fundamental yang terdiri dari ROE, EPS, DPS, DPR, dan PER. Setelah menentukan harga saham itu wajar atau tidak, baru dapat dipilih saham-saham yang dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. Data yang digunakan laporan keuangan periode 2009 sampai dengan 2011. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Pojok BEI Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis fundamental dengan pendekatan PER menunjukkan bahwa saham PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) dan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. (SMGR) berada dalam kondisi undervalued dilihat dari nilai intrinsik lebih besar dari harga pasar . Untuk saham PT. Holcim Indonesia Tbk. (SMCB) berada dalam kondisi overvalued dilihat dari nilai intrinsik lebih kecil dari harga pasar . Analisis ini berdasarkan pada kondisi internal perusahaan yang bersifat keuangan dengan memperhatikan variabel fundamental perusahaan yang terkait adalah rasio-rasio keuangan seperti ROE, EPS, DPS, DPR, dan PER. Hal ini sangat penting karena dengan hasil analisis yang akurat diharapkan dapat mengurangi risiko kerugian yang mungkin akan terjadi. Dari tiga perusahaan yang digunakan dalam sampel penelitian maka saham-saham yang baik untuk dipilih sebagai tempat berinvestasi adalah saham yang berada dalam kondisi undervalued yaitu saham PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) dan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. (SMGR).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/375/051308499
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2013 11:52
Last Modified: 22 Oct 2021 01:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115932
[thumbnail of 051308499.pdf]
Preview
Text
051308499.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item