Rohman, RizkyNur (2013) Penerapan Inovasi Pelayanan Penyediaan Air Bersih dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi Pada Kantor PDAM Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Memperhatikan peran pelayanan yang semakin menonjol dewasa ini, maka tidaklah heran apabila masalah pelayanan mendapat perhatian besar dari PDAM Kota Batu agar dapat memberikan pelayanan yang prima. Untuk menjawab apa yang menjadi keinginan masyarakat dan mengatasi masalah yang ada, maka PDAM Kota Batu harus senantiasa berinovasi baik dalam hal produk maupun pelayanannya. Good Corporate Governance adalah salah satu konsep yang diterapkan untuk memperbaiki pelayanan dan tata kelola perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja inovasi yang diterapkan oleh PDAM Kota Batu beserta manfaatnya dan juga untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance di PDAM Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah inovasi pelayanan penyediaan air bersih yang dihasilkan PDAM Kota Batu, manfaat dari inovasi tersebut, dan penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance . Hasil penelitian diperoleh bahwa inovasi yang diterapkan oleh PDAM Kota Batu adalah ZAMP, Billing Management System , Payment Point Online Banking , System Online Payment Point dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM. Keseluruhan inovasi tersebut belum semua dapat diterima oleh masyarakat dan belum bisa dikatakan berhasil. Manfaat dari inovasi yang dihasilkan secara garis besar adalah perbaikan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat. Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dilaksanakan sesuai dengan pedoman umum GCG Indonesia Tahun 2006. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah Penciptaan inovasi pada PDAM Kota Batu hendaknya dirumuskan atau dibuat berdasarkan pengamatan dan diskusi terhadap apa yang diharapkan oleh masyarakat, sehingga inovasi tersebut dapat diterima dan berguna sesuai dengan kebutuhan, Sosialisasi mengenai inovasi pelayanan tentu sangat diperlukan agar masyarakat mengerti dan faham akan pemanfaatannya dan tujuan yang telah ditargetkan dapat tercapai dengan baik, Penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance harus dilaksanakan secara menyeluruh dan dilakukan evaluasi secara berkala, agar diketahui dimana kendala penerapannya dan dapat diperbaiki dan pada akhirnya perusahaan dapat berjalan secara efektif, efisien dan mempunyai nilai ekonomi jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/374/051308498 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 10:13 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 10:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115931 |
Preview |
Text
051308498.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |