Analisis Implementasi Sistem Informasi Klaim pada Asuransi Syariah (Studi Kasus pada Asuransi Takaful Umum Kantor Pemasaran Surabaya)

Ramadhan, HanifaMaulani (2013) Analisis Implementasi Sistem Informasi Klaim pada Asuransi Syariah (Studi Kasus pada Asuransi Takaful Umum Kantor Pemasaran Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Asuransi Takaful Umum Surabaya merupakan perusahaan asuransi pertama di Indonesia yang murni syariah atau sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam agama Islam. Visi dari Asuransi Takaful Umum sendiri adalah menjadi group Asuransi terkemuka yang menawarkan jasa Takaful dan keuangan syariah yang komprehensif dengan jangkauan signifikan di seluruh Indonesia. Asuransi kendaraan bermotor merupakan salah satu produk Asuransi Takaful Umum Surabaya. Kendaraan bermotor roda empat mengalami kenaikan jumlah sehingga meningkatkan pula jumlah pengguna asuransi. Asuransi Takaful Umum Surabaya terus berusaha untuk meningkatkan teknologi yang digunakan oleh perusahaan karena akan lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan kinerja perusahaan sehingga secara langsung sistem informasi memiliki peran juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganlisis bagaimana prosedur dan implementasi sistem informasi klaim Asuransi Takaful Umum Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang digunakan untuk menganalisis bagaimana implementasi sistem informasi klaim pada Asuransi Takaful Umum Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan trianggulasi data, dokumentasi dan observasi nonpartisipan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dibandingkan antara teori dengan kondisi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prosedur yang diterapkan dalam pembayaran klaim sudah cukup baik, Asuransi Takaful Umum Surabaya menggunakan General Takaful System (GTS) yang berbasis Web dalam pengelolaan klaim. Namun, masih ada beberapa kelemahan yang ditamukan di lapangan. Walaupun prosedur yang diterapkan cukup baik tetapi masih belum efisien karena dalam pencairan dana klaim untuk nasabah harus melalui persetujuan kantor pusat sehingga membutuhkan waktu lebih lama, masih ada data yang tercecer, masih terjadi keterlambatan pembayaran klaim, akses internet yang terkadang lambat, dan Web GTS yang sering trouble, dan pengamanan data yang masih harus diperbaiki. Oleh karena itu Asuransi Takaful Umum Surabaya dapat memperbesar kuota akses GTS, menerapkan Decision Support System, memberikan pelatihan penggunaan sistem kepada personil yang terlibat pada pembayaran klaim, kantor pemasaran memiliki hak untuk membayar langsung klaim nasabahnya, akses internet yang baik, dan memiliki tata peraturan untuk pengamanan data. Sehingga sistem informasi dapat terimplementasikan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/360/051308436
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2013 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 10:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115917
[thumbnail of Cover-...,Bab_I-V._Hanifa_MR._0810320080.pdf]
Preview
Text
Cover-...,Bab_I-V._Hanifa_MR._0810320080.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item