Pengaruh Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Book Value Per Share Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia P

Adi, Angantyo (2013) Pengaruh Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share dan Book Value Per Share Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia P. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang turut mempengaruhi naik turunnya harga saham di pasar modal. Salah satu ukuran kinerja keuangan perusahaan ditunjukkan dalam bentuk rasio-rasio keuangan. Rasio-rasio keuangan digunakan sebagai dasar investor dalam menentukan keputusan berinvestasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Return On Equity (ROE) , Debt to Equity Ratio (DER) , Earning Per Share (EPS) dan Book Value (BV) Per Share terhadap harga saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan consumer goods industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2011 berjumlah 34 perusahaan. Sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk pengujian statistiknya dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ROE, DER, EPS dan BV secara bersama-sama signifikan pengaruhnya terhadap harga saham. Selanjutnya hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial variabel ROE, EPS dan BV signifikan pengaruhnya terhadap harga saham, sementara variabel DER tidak signifikan pengaruhnya terhadap harga saham. Berdasarkan besar standardized coefficients beta dari hasil perhitungan SPSS disimpulkan bahwa variabel BV memiliki pengaruh paling dominan terhadap harga saham perusahaan consumer goods industry periode 2008-2011 karena nilai standardized coefficients beta variabel BV adalah yang tertinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/353/051308424
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2013 14:50
Last Modified: 21 Oct 2021 09:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115910
[thumbnail of BAB_I_-_V.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_-_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_-_DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item