Analisis Metode Capital Asset Pricing Model dalam upaya Pengambilan Keputusan terhadap Investasi Saham (Studi pada Saham - Saham Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI

Nasuha, Rizky (2013) Analisis Metode Capital Asset Pricing Model dalam upaya Pengambilan Keputusan terhadap Investasi Saham (Studi pada Saham - Saham Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia (BEI. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan dunia usaha, dimana perusahaan sangat bergantung terhadap investasi. Sebelum melakukan investasi, dalam hal ini investasi saham, perlu mempertimbangkan kemungkinan- kemungkinan yang akan dihadapi investor. Salah satu metode yang digunakan untuk menilai keputusan investasi adalah CAPM ( Capital Asset Pricing Model ). Capital Asset Pricing Model (CAPM) merupakan model estimasi kelayakan investasi saham dengan membandingkan antara return ekspektasian dengan sesitivitas sekuritas terhadap perubahan return portofolio pasarnya (risiko). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, dengan melakukan kegiatan membaca dan mencatat referensi mengenai Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif., karena analisis data yang lebih banyak menggambarkan riset fakta yang terjadi. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa rata-rata return saham individual ( ? ? ) dari 19 perusahaan sampel penelitian lebih besar daripada rata-rata return pasar ( ? ? ), hal ini menunjukkan saham dalam performance yang baik. Sedangkan rata-rata risiko dari 19 saham perusahaan sampel penelitian berada di atas 1 (β>1), hal ini menggambarkan kondisi risiko saham menunjukkan harga saham perusahaan lebih mudah berubah dibandingkan indeks pasar. Serta rata-rata tingkat suku bunga Bank Indonesia yang berada pada 0,52%, yang merupakan tingkat return bebas risiko ( ? ? ). Selanjutnya, dengan menggunakan metode analisis Capital Asset Pricing Model (CAPM), diperoleh hasil dari estimasi bahwa dari 19 perusahaan sampel penelitian diperoleh 14 saham yang tergolong saham undervalued karena tingkat return individu (Ri) lebih besar daripada yang diharapkan (E(Ri)). Sedangkan 5 saham tergolong saham yang overvalued , dikarenakan tingkat return individu (Ri) lebih kecil dari return yang diharapkan (E(Ri)). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan Metode CAPM ini layak untuk digunakan sebagai metode estimasi dalam estimasi investasi untuk memperoleh hasil yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/333/051308249
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2013 17:16
Last Modified: 19 Oct 2021 00:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115891
[thumbnail of 051308249.pdf]
Preview
Text
051308249.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item