Analisis Kinerja Organisasi Dinas Koperasi dan UKM Dalam Pengembangan Koperasi (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang)

Pratama, BrianAnggaPutra (2013) Analisis Kinerja Organisasi Dinas Koperasi dan UKM Dalam Pengembangan Koperasi (Studi pada Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan Koperasi selama ini belum sepenuhnya menampakkan wujud dan perannya seperti yang diharapkan sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945. Pada saat ini kondisi Koperasi umumnya masih lemah, baik kondisi internal yang berupa permodalan, manajemen dan organisasi, teknologi dan jaringan usaha maupun kondisi eksternal yang disebabkan oleh lingkungan strategis seperti penguasaan pasar, berbagai sumber dan kegiatan ekonomi. Dalam situasi yang demikian diperlukan peranan pemerintah dan masyarakat agar Koperasi dapat tumbuh dan berkembang. Dinas Koperasi dan UKM merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Tupoksinya yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan Koperasi dan UKM melalui layanan program kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kinerja organisasi Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam melaksanakan layanan yang bertujuan untuk mengembangkan koperasi di wilayah Kota Malang. Selain itu juga bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan layanan program kerja untuk pengembangan koperasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Terdapat tujuh layanan program kerja. (2) Kinerja organisasi Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang dalam pelaksanaan layanan untuk pengembangan koperasi tercapai pada peningkatan volume usaha koperasi dan jumlah anggota, sedangkan jumlah koperasi, jumlah pengurus dan karyawan koperasi mengalami penurunan. Sesuai dengan Rekap Data Keragaan Koperasi Kota Malang Tahun 2011-2012. (3) Dalam pelaksanaan layanan masih kurang maksimal, terdapat beberapa kendala. Seperti sarana prasarana yang dimiliki masih belum memadai; perbandingan jumlah pegawai dengan jumlah koperasi tidak sesuai, jumlah koperasi yang ditangani oleh pegawai terlalu banyak; kurangnya koordinasi antara pegawai dinas; syarat dan prosedur layanan masih terlalu rumit. Dengan melihat beberapa kendala seperti yang telah disebutkan diatas, maka perlu adanya suatu pembaruan serta penambahan dari sarana prasarana yang diantaranya adalah penambahan ruang tunggu pelanggan, kotak saran dan memaksimalkan website dinas sebagai media promosi produk-produk Koperasi dan UKM Kota Malang. Selain itu, peningkatan kualitas pelayanan Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, yang diawali dari peningkatan kuantitas dan kualitas SDM pegawai serta lebih memperhatikan keluhan masyarakat tentang prosedur dan prasyarat untuk kepengurusan koperasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/326/051308242
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2013 11:13
Last Modified: 19 Oct 2021 00:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115884
[thumbnail of 051308242.pdf]
Preview
Text
051308242.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item