Purnama, Citra (2013) Studi Penggunaan Media Massa Televisi oleh Partai NasDem dalam Memperoleh Dukungan Publik (Studi tentang Tayangan Iklan Politik Partai NasDem pada Masyarakat Desa Mojoroto, Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Iklan politik merupakan media untuk menyampaikan pesan dan informasi politik kepada masyarakat dengan menggunakan media massa televisi. Partai NasDem merupakan salah satu partai politik yang sedang gencar-gencarnya menayangkan iklan politiknya di stasiun televisi swasta Indonesia sebagai bentuk pengenalan diri dan pencitraan politik kepada masyarakat. Sebagai partai politik baru, hal ini merupakan hal yang sangat penting mengingat partai baru butuh suatu dukungan dari masyarakat yaitu kepercayaan, opini, dan partisipasi. Penelitian ini adalah untuk menganalisis, menjelaskan hubungan, dan pengaruh penggunaan media massa televisi oleh Partai NasDem dalam memperoleh dukungan publik pada masyarakat Desa Mojoroto, Kabupaten Banyuwangi. Variabel bebas yang akan diteliti yaitu Kejelasan Tujuan (X 1 ), Kejelasan Strategi (X 2 ), Fungsi Informasi (X 3 ), Fungsi Pendidikan (X 4 ), dan Fungsi Mempengaruhi (X 5 ). Variabel terikatnya yaitu Dukungan Publik (Y). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatory . Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan ditentukan sebanyak 100 responden. Analisis data menggunakan analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji F, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis korelasi berganda diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,906. Ini menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y saling berhubungan dan memiliki tingkat korelasi yang sangat tinggi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Koefisien R Square (R 2 ) sebesar 0,865 atau 86,5%. Artinya bahwa besarnya kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap dukungan publik adalah sebesar 86,5%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil uji F dan uji t diperoleh nilai F hitung sebesar 120,811, sedangkan taraf signifikasi 5% diperoleh nilai F tabel sebesar 2,311. Selanjutnya nilai t hitung masingmasing variabel sebesar 3,862, 3,410, 4,589, 3,175, dan 2,413, sedangkan taraf signifikasi 5% diperoleh t tabel sebesar 1,986. Hal ini menunjukkan bahwa f hitung > f tabel dan t hitung > t tabel , maka H o ditolak dan H 1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan iklan politik mempunyai pengaruh baik simultan maupun parsial yang signifikan terhadap dukungan publik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2013/322/051308085 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 09:56 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115880 |
Preview |
Text
051308085.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |