Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Axe (Survei Pada Pria Pengguna Parfum Axe di Kota Malang)

Pratiwi, AuliaChitra (2013) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Axe (Survei Pada Pria Pengguna Parfum Axe di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabelvariabel Ekuitas Merek terhadap keputusan pembelian parfum AXE di kota Malang, serta untuk mengetahui variabel dari Ekuitas Merek yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian parfum AXE di kota Malang. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari Kesadaran Merek (X 1 ), Asosiasi Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Loyalitas Merek (X 4 ), dan Aset Kepemilikan Lain (X 5 ), sedangkan variabel dependennya adalah Struktur Keputusan Pembelian (Y) Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian sebanyak 100 orang dilakukan di Kota Malang yaitu di beberapa tempat umum/ public place di Kota Malang. Diantaranya Mall (Matos dan Mog), Kafe (Aquanos café ) dan Taman Kota (Alun-Alun). Sedangkan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskesdastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisi regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Kesadaran merek (X 1 ), Asosiasi Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Loyalitas Merek (X 4 ), dan Aset Kepemilikan Lain (X 5 ), memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,615 (61,5%). Lalu secara parsial, variabel Asosiasi Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), dan Loyalitas Merek (X 4 ) menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap struktur keputusan pembelian nilai Sig. masing-masing variabel sebesar 0,028, 0,000, dan 0,022. Sedangkan variabel Kesadaran Merek (X 1 ), dan Aset Kepemilikan Lain (X 5 ), menunjukkan adanya pengaruh variabel yang tidak signifikan, dengan nilai Sig. masing-masing sebesar 0,334 dan 0,480. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yaitu variabel Kesan Kualitas (X 3 ), dengan Standardized Coefficients Beta terbesar, sebesar 0,431. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelima variabel bebas, yaitu Kesadaran merek (X 1 ), Asosiasi Merek (X 2 ), Kesan Kualitas (X 3 ), Loyalitas Merek (X 4 ), dan Aset Kepemilikan Lain (X 5 ), memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) parfum Axe, namun tidak secara parsial. Variabel Kesan Kualitas (X 3 ), merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian pria pengguna parfum Axe di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/315/051308078
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2013 09:12
Last Modified: 19 Oct 2021 00:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115873
[thumbnail of 051308078.pdf]
Preview
Text
051308078.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item