Evaluasi Kinerja Portofolio dengan Menggunakan Model Sharpe (Studi pada Perusahaan yang listing pada Indeks LQ 45 di BEI Periode 2012)

Rini, Sulistya (2013) Evaluasi Kinerja Portofolio dengan Menggunakan Model Sharpe (Studi pada Perusahaan yang listing pada Indeks LQ 45 di BEI Periode 2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dibalik tingkat pengembalian yang maksimal, terkandung juga risiko yang sama besarnya dengan tingkat pengembalian yang akan diterima. Menghindari hal itu, dalam investasi dapat dibentuk sebuah portofolio, dalam hal ini adalah portofolio saham. Portofolio saham dibentuk untuk meminimalkan risiko yang biasa terjadi pada investasi. Evaluasi kinerja portofolio dilakukan untuk menilai portofolio yang dibentuk telah mencapai tujuan investasi. Kinerja portofolio dapat dinilai dengan menggunakan tiga model pengukuran, dan salah satunya adalah model Sharpe. Model Sharpe merupakan perhitungan yang mengukur tingkat risiko total. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat pengembalian dan risiko individu dari setiap saham pembentuk portofolio serta untuk menilai kinerja portofolio saham dengan menggunakan model Sharpe. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga penutupan saham bulanan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan mengacu pada perhitungan model Sharpe. Berdasarkan hasil penelitian, dari hasil tingkat pengembalian dan risiko saham individu pada semester I tertinggi dimiliki oleh CPIN sedangkan pada semester II dimiliki oleh ASII. Hasil pengukuran kinerja portofolio terpilih yang memiliki kinerja yang baik yaitu portofolio terpilih pada semester II dengan nilai Sharpe sebesar 1,132. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengambil jarak waktu periode yang terbaru dan lebih memiliki rentang waktu lebih dari satu tahun. Bahkan lebih baik jika membandingkan penilaian kinerja portofolio dengan menggunakan model lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/309/051307990
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2013 09:31
Last Modified: 18 Oct 2021 20:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115868
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFISI.pdf]
Preview
Text
DAFISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi_I-V.._(Repaired).pdf]
Preview
Text
isi_I-V.._(Repaired).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustakaa.pdf]
Preview
Text
daftar_pustakaa.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN_&_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN_&_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf]
Preview
Text
UCAPAN_TERIMA_KASIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item