Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Perilaku Dalam Penggunaan E-learning (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),

Miwa, FitriImandari (2013) Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Perilaku Dalam Penggunaan E-learning (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dalam menggunakan e-learning dengan melihat pengaruh faktor-faktor antara lain pengaruh persepsi kemanfaatan terhadap minat perilaku dalam penggunaan e-learning , untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan terhadap minat perilaku dalam penggunaan e-learning . Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan yang hendak dicapai maka penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan lokasi penelitian adalah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, dengan sampel sejumlah 47 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripstif dan analisis statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap minat perilaku dalam penggunaan e-learning dan persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat perilaku dalam penggunaan e-learning . Kesimpulan secara umum bahwa persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap minat perilaku dosen dalam menggunakan e-learning yang artinya apabila responden merasa e-learning bermanfaat dan mudah digunakan, maka responden akan beniat untuk memanfaatkan e-learning tersebut dan apabila manfaat e-learning semakin meningkat, maka semakin meningkat pula minat responden untuk menggunakannya. Hal yang sama juga berlaku untuk persepsi kemudahan, apabila e-learning semakin mudah digunakan, maka minat responden untuk menggunakan e-learning akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka, Universitas Brawijaya khususnya Fakultas Ilmu Administrasi dirasa perlu untuk lebih memperkenalkan mengenai manfaat-manfaat e-learning dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Selain dosen, perlu juga diadakan sosialisasi e-learning pada kalangan mahasiswa agar penggunaan e-learning bisa lebih efektif karena didukung oleh kedua belah pihak, yaitu dosen dan mahasiswa, mengingat banyak sekali manfaat e-learning untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/300/051307827
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2013 11:25
Last Modified: 18 Oct 2021 20:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115859
[thumbnail of 051307827.pdf]
Preview
Text
051307827.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item