Innovative Government Pada Pdam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Implementasi pada PDAM Kabupaten Mojokerto)

Putra, OvrieRizkyaMaha (2013) Innovative Government Pada Pdam Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Implementasi pada PDAM Kabupaten Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bangsa dan Negara Indonesia memulai babak baru penyelenggaraan pemerintahan, dimana Otonomi Daerah dilaksanakan di seluruh kota dan kabupaten yang jumlahnya mencapai 487. Berdasarkan Undang-Undang Otonomi Daerah Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah bahwa hampir seluruh kewenangan pemerintah pusat diserahkan pada daerah, kecuali lima bidang. Salah satu kunci utama penentu keberhasilan Pemda dalam menjawab berbagai tantangan diatas adalah respon Pemda terhadap desentralisasi fiscal yang merupakan bagian penting dalam implementasi otonomi daerah, maka suatu Pemerintahan Daerah dalam memenuhi keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran anggaran tahunannya (agar tidak terjadi defisit) dapat melakukan antara lain dengan meningkatkan pendapatan dengan cara menggali atau memperbesar penerimaan dari BUMD yang di dalamnya terdapat inovasi-inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi informasi. Berdasarkan permasalahan yang muncul peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memberi gambaran dan pemahaman yang jelas tentang fenomena-fenomena yang diteliti. Peneliti dalam mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta melalui dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan model analisis data interaktif. PDAM Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu badan usaha milik daerah yang menangani penyediaan air bersih bagi masyarakat yang akan selalu berubah menyesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat yang selalu menuntut adanya peningkatan pelayanan publik. Upaya yang dilakukan untuk peningkatan pelayanan adalah dengan pembayaran secara online dan pembacaan meter air secara online. Teknologi informasi dalam pelayanan melalui layanan online yang telah dimulai di wilayah Kabupaten Mojokerto pada tahun 2011 adalah langkah untuk memberikan sebuah pelayanan dan inovasi kemudahan dalam pembayaran tagihan rekening air. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh jawaban bahwa dalam Innovative Government dalam bentuk layanan online ini sangat bergantung dari pemakaian teknologi yang ada serta bagaimana pelaksanaan layanan ini di lapangan. Hambatan yang dihadapi meliputi eksternal dan internal, hambatan internal yang berasal dari dalam instansi pemerintah adalah minimnya biaya operasional dan alat teknologi informasi PDAM Kabupaten Mojokerto yang masih kurang. Hambatan dari eksternal yaitu kurangnya SDM masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/298/051307868
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2013 12:24
Last Modified: 18 Oct 2021 20:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115857
[thumbnail of 051307868.pdf]
Preview
Text
051307868.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item