Penerapan Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi, Efektivitas, dan Ekonomisasi Bagian Produksi (Studi Pada PG. Meritjan (Persero) Kediri).

Tebety, AdityaSanzana (2013) Penerapan Audit Operasional untuk Menilai Efisiensi, Efektivitas, dan Ekonomisasi Bagian Produksi (Studi Pada PG. Meritjan (Persero) Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semua perusahaan dituntut untuk dapat bersaing. Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat tersebut, persuhaan dituntut untuk mencegah pemborosan sumber daya yang digunakan dalam proses produksi. Hal tersebut membawa pada gagasan Efisiensi, Efektivitas, dan Ekonomisasi pada bagian produksi. Dalam mencegah pemborosan yang sering terjadi, diperlukan suatu pemeriksaan untuk menilai kinerja perusahaan. Audit operasional adalah audit yang menekankan pada penilaian sistematis dan objektif serta berorientasi pada tujuan untuk memperoleh keyakinan tentang keefektifan, keefesienan, dan keekonomisasian pendapat atas kegiatan operasional perusahaan. Pelaksanaan audit dapat dilakukan pada pabrik gula, dimana bagian produksi sangat berperan penting dan menjadi ujung tombak keberhasilan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada PG. Meritjan Kediri yang merupakan salah satu pabrik gula di Kota Kediri. Masalah yang diambil adalah bagaimana penerapan audit operasional pada bagian produksi PG. Meritjan serta apakah penerapan audit operasional pada bagian produksi sudah mengacu pada peningkatan efisiensi, efektivitas dan ekonomisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Fokus dalam penelitian adalah struktur organisasi perusahaan, kegiatan produksi, kriteria efisiensi, efektivitas, dan ekonomisasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa manajemen audit PG. Meritjan dilakukan oleh auditor internal, auditor independen, dan auditor pemerintah. Berdasarkan hasil analisis data tahun 2010-2012, menunjukkan bahwa efisiensi penggunaan bahan baku dan tenaga kerja terjadi pada tahun 2011. Efisiensi penggunaan kapasitas mesin tertinggi pada tahun 2010. Efektivitas tertinggi terjadi pada tahun 2011 dan ekonomisasi tertinggi tercapai pada tahun 2011. Untuk masa mendatang, hendaknya PG. Meritjan lebih selektif terhadap melakukan seleksi bahan baku tebu yang berkualitas sehingga tebu yang akan diproduksi kelak dapat menghasilkan gula yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/287/051307857
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Oct 2013 12:02
Last Modified: 18 Oct 2021 20:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115847
[thumbnail of 051307857.pdf]
Preview
Text
051307857.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item