Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang)

Prasetya, DimasRamdhana (2013) Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaduan masyarakat yang terdapat di Kota Malang yang sering di keluhkan masyarakat itu seperti keluhan mengenai lalulintas, pendidikan, kesehatan, administrasi kependudukan serta sengketa tanah dan masih banyak lagi. Proses pengaduan tersebut dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Berdasarkan banyaknya pengaduan di akibatkan karena masyarakat tidak mengetahui harus mengadu, mengeluh kepada siapa. Oleh karena itu proses pengelolaan pengaduan tersebut kurang terpublikasikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses pengelolaan pengaduan masyarakat dari awal pengaduan sampai akhir dan hasil dari pengaduan, serta mengetahui persepsi atau pandangan masyarakat dalam pengelolaan pengaduan, dan untuk mengetahui keterbukaan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat tersebut di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Faktor – faktor apa saja yang mendukung dalam pengelolaan pengaduan masyarakat serta faktor apa saja yang menjadi penghambat pengelolaan pengaduan masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Sekretaris dan Staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang, Warga masyarakat Kota Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa proses pengelolaan pengaduan masyarakat di Pemerintah Kota Malang di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang sudah baik. Masyarakat juga bisa melihat proses pengaduan yang ada melalui online . Proses pengaduan sudah sesuai dengan standar yang di tentukan. Partisipasi masyarakat dalam pengaduan yang ada masih kurang, karena ada beberapa faktor penghambat yaitu Birokrasi Sumber Daya Manusia dan Sosialisasi sedangkan faktor pendukung sudah berjalan sesuai dengan yang di harapkan seperti adanya sarana dan prasarana dan surat keputusan kepala dinas. Jadi pengaduan online yang ada belum terpublikasikan dengan baik kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mengerti tentang pelayanan pengaduan online itu seperti apa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/275/051307845
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2013 08:36
Last Modified: 18 Oct 2021 20:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115836
[thumbnail of 1_COVER_FIX.pdf]
Preview
Text
1_COVER_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_MOTTO_FIX.pdf]
Preview
Text
2_MOTTO_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
5_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4_TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_TANDA_PERSETUJUAN_FIX.pdf]
Preview
Text
3_TANDA_PERSETUJUAN_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_RINGKASAN_FIX.pdf]
Preview
Text
6_RINGKASAN_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_SUMMARY_FIX.pdf]
Preview
Text
7_SUMMARY_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_KATA_PENGANTAR_FIX.pdf]
Preview
Text
8_KATA_PENGANTAR_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_DAFTAR_TABEL_FIX.pdf]
Preview
Text
10_DAFTAR_TABEL_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9_DAFTAR_ISI_FIX.pdf]
Preview
Text
9_DAFTAR_ISI_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_DAFTAR_GAMBAR_BAGAN_FIX.pdf]
Preview
Text
11_DAFTAR_GAMBAR_BAGAN_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13_BAB_I_II_III_IV_V_FIX.pdf]
Preview
Text
13_BAB_I_II_III_IV_V_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 14_Hal_86,87,88_FIX.pdf]
Preview
Text
14_Hal_86,87,88_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15_DAFTAR_PUSTAKA_FIX.pdf]
Preview
Text
15_DAFTAR_PUSTAKA_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item