Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Keluarga Miskin (Studi Pada Perwali Nomor 27 Tahun 2011 dan Perwali Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Jalu

Nurhartatik, DianaTitin (2013) Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Keluarga Miskin (Studi Pada Perwali Nomor 27 Tahun 2011 dan Perwali Nomor 19 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Jalu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan hak asasi warga Negara Indonesia. Setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki tanpa memandang status sosial, status ekonomi, suku, etnis, agama dan gender. Pemerintah Kota Kediri mengeluarkan Kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin yang tertuang dalam Perwali Nomor 27 tahun 2011 dan Perwali Nomor 19 tahun 2012 yang didalamnya terdapat pasal mengenai siswa miskin. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin untuk memperoleh pendidikan yang sama dan SMA Negeri 7 merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kebijakan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin, serta faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin di SMA Negeri 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan focus penelitian (1) Implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin berdasarkan perwali Nomor 27 Tahun 2011 dan Perwali Nomor 19 Tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan penerimaan peserta didik jalur siswa miskin tahun ajaran 2012/2013 di SMA Negeri 7 Kediri, dan (2) Faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin berdasarkan perwali Nomor 27 Tahun 2011 dan Perwali Nomor 19 Tahun 2012 tentang pedoman pelaksanaan penerimaan peserta didik jalur siswa miskin tahun ajaran 2012/2013 di SMA Negeri 7 Kediri. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri. Metode analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin tahun ajaran 2012/2013 di SMA Negeri 7 Kediri sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Sebanyak 60 siswa miskin diterima di SMA Negeri 7 Kediri. Tahun ajaran 2012/2013 Angka Partisipasi Murni (APM) jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA meningkat. Khusunya untuk jenjang SMA/SMK/MA tidak ada laporan mengenai siswa putus sekolah dikarenakan faktor ekonomi. Keberhasilan implementasi tersebut ditunjukkan dengan ukuran dan tujuan kebijakan penyelenggaraan pendidikan yang tercapai, ketersediaan sumber-sumber kebijakan penyelenggaraan pendidikan, ciri-ciri atau sifat badan instansi pelaksana dalam melaksanakan kebijakan secara disiplin, ketat dan demokratis serta komunikasi yang baik antar organisasi dalam pelaksanaan kebijakan. Faktor pendukung internal yaitu sumber daya manusia yang mumpuni, penerapan sistem online, tersedianya dana dari pemerintah kota Kediri serta sikap para pelaksanan kebijakan yang mendukung kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin. Faktor pendukung eksternal yaitu kesadaran masyarakat untuk tidak memanfaatkan jalur siswa miskin, sosialisasi penerimaan peserta didik yang dibantu media massa dan kemudahan akses internet serta kondisi lingkungan sosial, politik dan ekonomi yang mendukung implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan bagi keluarga miskin di SMA Negeri 7 Kediri. Faktor penghambat internal yaitu keterbatasan jumlah sumber daya manusia (SDM) khususnya yang memahami teknologi. Belum ada kriteria standart nilai minimum untuk penerimaan peserta jalur siswa miskin dan mengakibatkan salah satu siswa dikeluarkan karena tidak bisa mengikuti pelajaran yang diberikan. Pengalokasian dana operasional siswa miskin yang terlambat. Kendala eksternal yaitu pendaftaran penerimaan peserta didik jalur siswa miskin yang kurang terkoordianasi dengan baik, dikarenakan pendaftaran dilakukan di masing-masing sekolah, sehingga dikhawatirkan rawan dalam hal verifikasi data siswa miskin. Saran dari penelitian ini adalah Sebaiknya SMA Negeri 7 Kediri lebih meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM), mengasah kemampuan pengajar dengan mengikutsertakan dalam pelatihan di bidang teknologi khusunya internet secara berkala. Untuk kriteria standart nilai sebainya SMA Negeri 7 Kediri menentukan kriteria standart nilai minimum untuk penerimaan jalur siswa miskin dengan pertimbangan standart nilai minimum untuk jalur siswa miskin tidak sama dengan penerimaan jalur regular. Untuk pengalokasian biaya operasional jsiswa miskin ada baiknya Pemerintah Kota Kediri lebih mempercepat proses pengalokasian dana kepada SMA Negeri 7 Kediri, dengan mempersiapkan terlebih dahulu dana atau anggaran sebelum pelaksanaan penerimaan peserta didik jalur siswa miskin. Untuk pendaftaran yang belum terkoordinasi dengan baik, sebaiknya pendaftaran untuk seluruh peserta didik jalur siswa miskin dilaksanakan di satu tempat yaitu di Dinas Pendidikan Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/266/051307836
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2013 09:33
Last Modified: 18 Oct 2021 19:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115828
[thumbnail of 051307836_-_awal.pdf] Other
051307836_-_awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 051307836_-__isi.pdf]
Preview
Text
051307836_-__isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 051307836-_akhir.pdf] Other
051307836-_akhir.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item