Implementasi Good Corporate Governance dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada PT. TELKOM Banyuwangi).

Ferlinda, EkkyDwi (2013) Implementasi Good Corporate Governance dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada PT. TELKOM Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) pada PT.TELKOM telah menjadi keharusan, karena dari adanya pelaksanaannya dapat menciptakan perusahaan yang memiliki kualitas pelayanan yang baik. Permasalahan kompleks yang ada pada PT. TELKOM Banyuwangi yaitu seperti masih banyaknya keluhan dari pelanggan yang tidak segera ditangani, jaringan koneksi lambat, dan jaringan yang sering mengalami gangguan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai implementasi Good Corporate Governance , untuk mengetahui dan menganalisis upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, dan untuk mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi Good Corporate Governance pada PT. TELKOM Banyuwangi. Penelitian ini untuk mengetahui manfaat yang diperoleh dengan adanya Good Corporate Governance dalam meingkatkan kualitas pelayanan pada PT. TELKOM Banyuwangi. Sesuai dengan tujuan penelitian yang ditetapkan, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT.TELKOM dalam implementasi Good Corporate Governance mengelompokkannya berdasarkan lima penguatan prinsip GCG antara lain Transparency , Independence , Accountability , Responsibility , dan Fairness . Dalam penguatan prinsip Good Corporate Governance pada PT. TELKOM Banyuwangi ini sudah dapat dikatakan baik, karena implementasi GCG berjalan sesuai aturan yang ada. Selain itu juga dengan adanya implementasi GCG ini maka Telkom melakukan upaya dalam menigkatkan kualitas pelayanannya demi kepuasan para pelanggannya dengan cara Pemberlakuan SLG, Pengelolaan dan pengembangan kompetensi SDM, Pengembangan pendistribusian pelayanan dan produk, Penyediaan dan pengembangan sarana dan prasarana, dan Tata kelola TI yang sudah dilaksanakannya dengan sangat baik dan tepat. Semua keberhasilan yang diperoleh PT. TELKOM Banyuwangi ini karena adanya faktor pendukung berupa kerjasama pegawai yang sangat baik dan patuhnya para pegawai terhadap UU Telekomunikasi dalam melakukan pekerjaannya. Akan tetapi implementasi Good Corporate Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Telkom Banyuwangi ini tidak terlepas dari faktor penghambat yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia dan kurangnya pemahaman para pegawai terhadap pentingnya Good Corporate Governance bagi PT. Telkom Banyuwangi. Dan hasil penelitian ini, maka peneliti dapat memberikan saran yaitu perlu adanya perekrutan pegawai baru pada PT. TELKOM Banyuwangi dan diperlukan sosialisasi dan pengembangan pengetahuan tentang Good Corporate Governance mulai dari pegawai kalangan bawah sampai dengan pegawai kalangan atas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/249/051306484
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2013 10:48
Last Modified: 18 Oct 2021 18:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115813
[thumbnail of 051306484.pdf]
Preview
Text
051306484.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item