Peran Pemerintah Desa dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang),

Ulumiyah, Ita, (2013) Peran Pemerintah Desa dalam Memberdayakan Masyarakat Desa (Studi pada Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan pedesaan seharusnya mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui pemberdayaan masyarakat desa. Pemberdayaan masyarakat berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama dalam membentuk dan merubah perilaku masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan taraf hidup yang lebih berkualitas dengan demikian peneliti merasa tertarik dalam melakukan penelitian tentang pemberdayaan masyarakat Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang karena berdasarkan kenyataan yang ada desa Sumberpasir merupakan desa yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani serta tingkat pendidikan masyarakat yang usia produktif cenderung masih rendah.berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tetang peran dari pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat desa, mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat desa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran pemerintah desa dalam memberdayakan masyarakat desa khususnya di Desa Sumberpasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa Sumberpasir, Ketua LPMD, Perangkat Desa, Anggtota LPMD, Ketua RT, Ketua UPK, Ketua PKK, Kelompok Gapoktan, Tokoh Masyarakat, Pengusaha Bordir dan Masyarakat. untuk mempermudah peneliti dalam melaksanakan penelitian dilapangan, maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi sebagai pendukung dari kegiatan penelitian. untuk menganalisa data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemerintah desa Sumberpasir telah mampu memberdayakan masyarakat melalui beberapa program-program pemberdayaan yaitu: pertama pengaktifan kelembagaan, kedua peningkatan peran serta masyarakat dengan kegiatan pelaksanaan kerja bakti, perlombaan desa, musrenbang desa serta pembangunan Fisik, ketiga peningkatan ekonomi produktif dengan kegiatan pemberian pelatihan pande besi dan pelatihan bordir. akan tetapi dalam melaksanakaan upaya Pemberdayaan masyarakat, pemerintah desa Sumberpasir mengalami kendala-kendala diantaranya partisipasi masyarakat yang kurang, budaya malas serta kurangnya faslitas yang tersedia dalam mendukung kegiatan pemberdayaan. Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat desa Sumberpasir untuk turut aktif dalam setiap kegiatan pemberdayaan baik dalam menentukan dan membuat program pemberdayaan masyarakat. selain itu pemerintah desa Sumberpasir sebaiknya lebih mengoptimalkan program-program pemberdayaan agar program tersebut bisa terealisasi dengan baik serta menyediakan kontak saran untuk menampung aspirasi dan keluhan-keluhan masyarakat yang tidak mau menyampaikan pendapatnya secara langsung yang diletakkan di kantor desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/240/051306475
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2013 10:33
Last Modified: 18 Oct 2021 18:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115804
[thumbnail of 051306475.pdf]
Preview
Text
051306475.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item