Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja untuk Mempertahankan Profitabilitas dan Meningkatkan Likuiditas (Studi pada PT. Berlina Tbk)

Prisanti, MegaDella (2013) Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja untuk Mempertahankan Profitabilitas dan Meningkatkan Likuiditas (Studi pada PT. Berlina Tbk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan memerlukan modal kerja untuk membiayai pengeluaran atau kegiatan operasinya sehari-hari, misalnya untuk membayar gaji, pembelian bahan mentah, membayar ongkos angkutan, membayar hutang dan sebagainya, dimana modal kerja yang telah dikeluarkan itu diharapkan dapat kembali masuk ke dalam perusahaan dalam jangka pendek melalui hasil penjualan. Perusahaan yang kekurangan modal kerja akan mengakibatkan tingkat kegiatan yang akan dilaksanakan lebih rendah dari tingkat kegiatan yang direncanakan. Kelebihan modal kerja akan mengakibatkan adanya dana menganggur dan membuang kesempatan untuk memperoleh laba, sehingga harus ada perhitungan yang tepat dalam mengelola modal kerja agar tercapai keseimbangan yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi modal kerja PT. Berlina Tbk dan untuk mendeskripsikan pengelolaan modal kerja yang efektif dalam mempertahankan profitabilitas dan meningkatkan likuiditas PT. Berlina Tbk. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan dengan mengambil data sekunder di Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Brawijaya Malang dengan obyek penelitian PT. Berlina Tbk. Data sekunder yang digunakan berupa perkembangan laporan keuangan tahunan PT. Berlina Tbk periode 2009-2011 dan prospektus perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan data berkala (time series). Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas perusahaan dalam kondisi tidak sehat, bahkan jumlah kas perusahaan semakin menurun, terbukti dengan tingkat perputaran kas yang terlalu tinggi yang berarti bahwa jumlah kas yang tersedia terlalu sedikit. Tingkat networking capital turnover pada tahun 2011 meningkat drastis menjadi 248,68 kali yang berarti jumlah modal kerja bersih yang tersedia terlalu kecil. Tingkat return on investment yang berfluktuatif dan masih dibawah rata-rata industri sejenis yaitu 8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengelolaan modal kerja perusahaan yang belum efektif. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan perlu menerapkan sistem budget kas dan penentuan kas yang optimal agar dapat direncanakan kebutuhan jangka pendek dan tidak ada dana yang menganggur maupun kurang. Perlu mengadakan perencanaan dan pengelolaan persediaan. Pengelolaan piutang hendaknya lebih aktif dengan menetapkan kebijakan pengumpulan piutang, sehingga volume penjualan meningkat. Estimasi laporan keuangan tahun berikutnya perlu dibuat agar perusahaan tepat dalam membuat kebijakan-kebijakan dan memiliki gambaran mengenai kebutuhan dana yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2013/236/051306471
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2013 13:00
Last Modified: 19 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115800
[thumbnail of 051306471.pdf]
Preview
Text
051306471.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item